Memotivasi Diri Sendiri di Tempat Kerja

Meningkatkan Kecerdasan Emosional Bagian Ketiga: Memotivasi Diri Sendiri di Tempat Kerja

Kita sering melihat lusinan iklan lowongan kerja yang menampilkan salah satu kualifikasinya adalah tentang motivasi diri, iklan tersebut mungkin berbunyi, "Dicari seorang yang pekerja keras" atau "Mampu bekerja mandiri". Maksudnya orang tersebut harus mampu menerima tugas atau pekerjaan, mengerjakannya, maju bersamanya, dan menghadapi setiap kesulitannya.

Mudah dipahami kenapa motivasi diri menjadi salah satu karakterr yang paling diinginkan di tempat kerja; karena karyawan yang termotivasi hanya memerlukan sedikit pengawasan, dan mungkin lebih produktif serta kreatif.
ilustrasi image:pixabay.com

Motivasi adalah kunci utama memulai tugas/ pekerjaan dan menuntaskannya

Secara teknis,motivasi adalah pencurahan tenaga pada suatu arah tertentu untuk sebuah tujuan yang spesifik. dalam kontek kecerdasan emosional, ini berarti menggunakan sistem emosional kamu untuk memfasilitasi keseluruhan proses dan menjaganya tetap berlangsung.

Gambaran: kamu memiliki tugas sebuah laporan yang harus dibuat dan merasa sangat kesulitan untuk memulai mengerjakannya, kamu lebih memilih untuk menelepon pacar untuk mengobrol, atau pergi ke kantin untuk minum kopi.
Sebagai seorang yang memiliki kecerdasan emosional, kamu pasti tahu apa yang hilang dari gambaran tersebut, yaitu Motivasi diri. Jika demikian, kamu bisa memulai dengan memberi beberapa pernyataan instruktif yang memotivasi pada diri kamu sendiri; "Saya telah menulis banyak lapora, maka saya dapat melakukan tugas laporan ini dengan mudah, dan saya dapat melakukan apa pun untuk menyelesaikan lapiran ini".
Lalu mulailah dengan melakukan hal-hal kecil yang mendukung laporan tersebut seperti; menyiapkan berbagai catatan dan dokumentasi.

Jika motivasi tak kunjung menghampiri juga, kamu bisa memanggil rekan yang dapat mendukung kamu, seolah untuk meminta nasihat namun sebenarnya kamu hanya membutuhkan dirinya untuk membantu kamu kembali kepada jalur, atau kamu bisa memikirkan mentor emosi kamu untuk mendapatkan sebuah inspirasi dan mendapatkan kembali rasa percaya diri dan antusiasme kamu. Lalu mulailah duduk didepan komuter dan mengerjakan laporan kamu.

Berbagai Sumber Motivasi

Menyadari diri kamu tanpa motivasi merupakan hal yang dapat membuat stres. Kamu mungkin merasa terisolasi, frustasi, takut, depresi, dan gelisah atau mungkin kamu merasa harga dirimu terpuruk.
Ada empat sumber motivasi:
  1. Diri sendiri (Pemikiran, stimulalsi, perilaku kamu; semua hal inisudah merupakan konsep yang familier pada setiap diri manusia)
  2. Teman, Keluarga, rekan kerja yang mendukung (yang mungkin bisa disebut sebagai "A-team" kamu)
  3. Mentor emosi (seorang figur inspirasional yang nyata maupun fiktif)
  4. Lingkungan kerja (udara, cahaya, suara, dan pesan-pesan di kantor kamu)
Meskipun terkadang hanya satu dari hal-hal tersebut yang penting dalam membangun maupun menghidupkan motivasi kamu, tapi dalam situasi lain mungkin semua hal terseebut akan sangat diperlukan.

Tiga topik lain yang berhubungan bisa anda baca pada artikel dengan klik link judul berikut ini:

No comments:

Post a Comment