Mengembangkan Kesadaran Diri yang Tinggi di Tempat Kerja

Meningkatkan Kecerdasan Emosional Bagian Pertama: Mengembangkan Kesadaran Diri yang Tinggi di Tempat Kerja
ilustrasi image:pixabay.com
Ketika mungkin pada jam kerja kamu berbicara dengan seorang klien yang marah-marah, merespon masalah yang disampaikan pimpinan, dan menyajikan gagasan di dalam meeting. Cara kamu menangani setiap aktivitas tersebut dipengaruhi oleh sejumlah faktor.
Sebagai contoh: "Jika klien yang marah-marah tersebut mengajukan permintaan yang tidak masuk akal, Kamu mungkin lekas naik darah dalam menghadapinya. Jika kamu yakin dengan peran kamu di dalam sebuah project, kamu mungkin dapat menyelesaikan masalah yang dikemukakan tersebut."

Jika kamu percaya seorang rekan kerja berfikir bahwa kamu kurang berpengalaman dengan pekerjaan kamu, kamu mungkin akan merasa malu dan tidak nyaman saat menyajikan gagasan di dalam sebuah meeting.

Sadar akan perasaan dan periaku kamu maupun persepsi orang lain tentang diri kamu dapat mempengaruhi tindakan kamu sedemikian rupa sehingga hal tersebut dapat bermanfaat bagi kamu.
sebagaimana disebutkan dalam contoh pertama, kamu sadar bahwa sang klien membuat kamu gila, dan kamu juga tahu bahwa memusuhinya akan mendatangan konsekuensi yang tidak menguntungkan. Tindakan yang mungkin bisa kamu ambil mungkin adalah meredakan kemarahan sang klien dan bukan menambah kemarahannya dengan amarah kamu.
lalu pada kasus lain jika kamu sadar bahwa rekan kerja kamu menganggap bahwa kamu kurang berpengalaman dalam project kerja yang kamu pegang, mungkin kamu perlu mempersiapkan diri sebaik baiknya sebelum kamu menyampaikan sebuah gagasan.

Kuncinya adalah memanfaatkan kekayaan informasi; kepekaan, perasaan, penilaian, tindakan, dan maksud kamu, yang disediakan oleh diri kamu sendiri. Informasi ini membantu kamu memahami cara kamu menanggapi, bersikap, berkomunikasi, dan bertindak di dalam situasi yang berbeda.
Memproses informasi inilah yang dimaksud kesadaran diri yang tinggi dapat membantu kamu tetap produktif dan lebih efektif di tempat kerja.

Cara Meningkatkan Kesadaran Diri

Kesadaran diri adalah kunci menuju kecerdasan emosional, hal tersebut penting bagi keberhasilan kamu di tempat kerja, dan dengan ketiadaan hal tersebut akan mengurangi efektivitas kamu.
Untuk meningkatkan kepercayaan diri, diperlukan beberapa pemikiran serius dan keberanian untuk menyelidiki cara kamu bereaksi terhadap orang lain dan berbagai kejadian di dunia kerja kamu.
Secara khusus adalah sebagai berikut:
1. Kamu harus menyelidiki cara kamu membuat penilaian terhadap satu situasi.
2. Kamu harus menyelaraskan diri dengan keenam indra yang kamu miliki.
3. Kamu harus mngenali perasaan kamu
4. Kamu harus mempelajari segala intensi kamu, dan
5. Kamu harus memperhatikan tindakan kamu.

Tiga topik yang berhubungan bisa anda baca pada artikel dengan klik link judul berikut ini:

  1. Meningkatkan Kecerdasan Emosional di Tempat Kerja
  2. Mengembangkan Kesadaran Diri yang tinggi
  3. Mengelola Emosi
  4. Memotivasi diri sendiri

No comments:

Post a Comment