Optimalkan Akun Linkedin untuk Mendukung Lamaran Kerja Kamu!

Apakah ada yang belum tau jejaring linkedin? sebuah jejaring sosial yang dikerucutkan untuk kalangan proffesional kerja. kumu sudah punya akun di linkedin belum? di Indonesia kebanyakan orang hanya familier dengan jejaring sosial seperti facebook, instagram, twitter, path. Mungkin kamu pernah mendaftar di linkedin, tapi profile kamu hanya diisi sedikit dan tidak lengkap.
image: pixabay.com
Untuk melengkapi data diri dalam linkedin tidak susah kok, semua fitur sudah disediakan dengan interface yang baik untuk memudahkan setiap user dalam mengisi atau mengedit data. di Facebook, instagram, twitter saja kamu bisa, masa di linkedin tidak.

Tidak hanya dibuat seperti jejaring sosial, linkedin merupakan jejaring sosial yang bisa dikatakan sebagai Curriculume Vitae online. Linkedin memiliki fitur untuk mencantumkan data diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, skills yang kamu miliki, portfolio yang kamu miliki. Bahkan linkedin memiliki fitur untuk saling endorse skill dengan teman kamu, atau bisa memberikan komentar rekomendasi kepada teman atau rekan kerja kamu.

di linkedin juga tersedia banyak informasi lowongan kerja, dan melalui linkedin kamu juga bisa lebih mudah untuk terhubung dengan banyak orang-orang profesional lainnya.

Karena itu, para HR Recruiter sudah mulai melirik linkedin sebagai bahan pertimbangan untuk memilih kandidat pelamar kerja. Recruiter sering kali juga akan mencari informasi tentang kandidat yang melamar kerja. Jika kamu sebagai kandidat memiliki akun linkedin, akan sangat membantu untuk memberikan informasi lebih lanjut mengenai daftar riwayat hidup kamu.
image: pixabay.com
Nah, untuk mendukung itu semuanya kamu harus lengkapi dengan baik akun linkedin kamu, buat sebaik dan semenarik mungkin informasi yang kamu miliki.
Berikut adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan untuk mengoptimalkan akun linkedin kamu:

1. Update Profile

Selalu update profile kamu, jangan malas malasan. buka akun facebook tiap hari saja sempat, kenapa linkedin tidak. Jangan buat informasi yang asal-asalan juga, karena profile kamu paling mempengaruhi untuk bisa menambah pertemanan dengan profesional lainnya. jadi, buat seserius dan semenarik mungkin. update secara berkala portfolio yang kamu miliki, atau update pengalaman kerja kamu dengan baik.

Jika profile linkedin kamu bagus dan menarik jangan kaget jika banyak orang yang meminta pertemanan dengan kamu di linnkedin, dan jangan kaget pula jika ternyata ada Headhunter yang tertarik dengan profile kamu dan meminta kamu untuk mengikuti proses rekrutmen di sebuah perusahaan.

2. Mintalah komentar rekomendasi pada rekan kerjamu

Optimalkan profile linkedin kamu dengan meminta rekan kerja kamu untuk memberikan komentar rekomendasi. Fitur ini sama dengan testimoni/ review mengenai skills yang kamu miliki, kepribadian, kinerja, terkait dengan hal-hal yang mendukung profile kamu.

Komentar rekomendasi dari rekan kerja kamu, apalagi dari rekan kerja yang sudah terpandang baik akan menjadi nilai tambah jika ada seorang headhunter yang sedang mencari kandidat.

Pertimbangkan kualitas rekomendasi, bukan banyaknya rekomendasi. 1 (satu) rekomendasi yang berkualitas dari orang yang berkualitas akan lebih mendukung dibandingkan banyak rekomendasi yang kurang berkualitas.

3. Sering-seringlah berinteraksi di linkedin

Aktif melakukan interaksi di linkedin untuk membangun hubungan pertemanan profesional kerja, caranya banyak kok. Dari update status, memberikan like atau berkomentar pada status teman lainnya, memberikan endorse skills kepada teman, gabung dengan group-group yang mendukung skills dan profesi kamu, atau bisa juga berbagi informasi lowongan kerja.

Yang harus menjadi catatan penting adalah, jangan mengupdate status yang bersifat kegalauan, atau alay-alayan. Buatlah update status dengan Quote yang menarik, atau share link bacaan kamu yang menarik. ini akan merepresentasikan kepribadian kamu yang baik.

image: pixabay.com
Yuk segera optimalkan akun linkedin kamu, jangan sia-siakan kesempatan baik untuk memiliki jejaring profesional kerja. Gunakan kesempatan dengan sebaik mungkin untuk mendukung dunia kerja dan profesi yang sedang kamu jalani.

No comments:

Post a Comment