Ingin Sukses Wawancara Kerja Online, Coba Tips ini!

Wawancara kerja online (Video Call) pada jaman serba teknologi seperti sekarang ini sudah menjadi hal yang wajar bagi perusahaan-perusahaan yang melakukan rekrutmen terhadap calon karyawan. Biasanya dilakukan bagi kandidat karyawan yang lokasi/ domisislilnya terlalu jauh untuk datang interview secara langsung di kantor perusahaan. Selain karena dianggap lebih efektif cara ini juga bisa menghemat waktu dan biaya bagi kedua belah pihak. Salah satu keuntungan bagi perusahaan adalah bisa membuat schedule wawancara lebih cepat tanpa harus menunggu ketersediaan waktu calon karyawan untuk perjalanan jauh interview ke kantor. Bagi Calon karyawan akan sangat dimudahkan dengan minimnya biaya untuk melakukan interview secara online.
image: pixabay.com
Berikut adalah Tips untuk kamu yang ingin sukses melakukan wawancara kerja secara online:

1. Pastikan kamu sudah memiliki akun aplikasi yang akan digunakan untuk wawancara kerja secara online

Wawancara kerja online biasanya dilakukan dengan Video Call, yang paling umum dilakukan menggunakan applikasi skype. Jadi pastikan kamu sudah memiliki akun skype, dengan nama yang jelas sesuai nama kamu, jangan menggunakan nama alay. Nama akun yang kamu miliki bisa saja dipandang sebagai representasi pribadi kamu oleh pewawancara.

2. Pastikan perlengkapan untuk wawancara berjalan dengan Baik

Aplikasi yang akan digunakan untuk melakukan wawancara kerja secara online biasanya sudah suport di beberapa platform seperti, laptop atau smarphone. maka pastikan device yang kamu gunakan berjalan lancar. Mulai dari kamera, microphone / suara dan juga koneksi internet. Jika perlu lakukan uji coba untuk melakukan panggilan Video Call dengan teman kamu dan gunakan headset supaya lebih jelas hasil suaranya.

3. Gunakan ruangan yang mendukung.

Kamu bisa saja menggunakan ruangan apa saja untuk melakukan wawancara kerja online. tapi pastikan bahwa background ruangan terlihat rapi, tidak bising, dan jangan menggunakan ruangan dengan pantulan suara tinggi. Ruangan dengan kedap suara yang bagus akan membuat perbincangan dalam wawancara semakin jelas dan nyaman.

4. Cek Kembali Penampilan Kamu

Meskipun wawancara kerja dilakukan secara online, penampilan juga tidak boleh terabaikan. Gunakan baju resmi dan berpenampilan serapi mungkin. Paling tidak bagian tubuh yang akan terekam oleh kamera.

5. Fokus pada Kamera untuk menunjukan bahwa kamu Fokus pada Pewawancara

Layaknya wawancara kerja yang dilakukan secara langsung, saat dilakukan wawancara kerja kamu harus tetap fokus pada pewawancara. nah jika dilakukan melalui online video call, untuk menggantikan itu kamu harus fokus pada kamera device yang kamu gunakan. ini dilakukan supaya interaksi tetap terjaga seperti halnya perbincangan secara langsung.

Jika suatu ketika kamu mendapat panggilan untuk mengikuti proses rekrutmen Wawancara kerja secara online, tips tersebut dapat membantu suksesnya interview kerja online yang akan kamu lakukan.
Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment