5 Tips Mengatasi Rasa Jenuh Saat Bekerja di Kantor

Rasa jenuh saat bekerja di kantor tempat kerja kamu merupakan kondisi yang wajar yang setiap karyawan pasti pernah mengalaminya. Banyak hal yang menjadi penyebab mengapa kondisi tersebut terjadi, seperti misalnya rutinitas atau task kerja yang sama setiap harinya, atau karena rekan kerja kamu yang kurang mendukung, atau bahkan karena setiap hari kamu dikejar deadline laporan dari atasan kamu.

Bagaimanapun kondisi yang kamu alami ketika bekerja dikantor, untuk menjadi karyawan yang tetap produktif dan berprestasi kamu harus menjaga ritme kinerja kerja kamu.
ilustrasi image:pixabay.com
Produktifitas kerja tidak hanya tentang skills yang kamu miliki tapi juga kondisi yang lebih kondusif, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa jenuh saat kamu bekerja di kantor;

1. Meja kerja adalah dunia kamu, buatlah senyaman mungkin

Anggaplah meja kerja sebagai ruang yang benar benar kamu miliki, kamu bisa merubah layaknya duniamu. Sesuaikan dengan karakter duniamu, misal kamu menyukai boneka pajanglah beberapa boneka yang bisa ditempatkan di meja kerjamu. Buatlah meja kerja senyaman mungkin untuk mendukung kondisi kerja yang lebih baik.

Kamu juga bisa menjadikan meja kerja sebagai rumah kedua, jadikan meja kerjamu menjadi miniatur yang membuatmu nyaman layaknya berada dirumah. Buat serapi mungkin, usahakan meja kerja tetap dalam kondisi bersih, pasang foto keluarga yang bisa menjadikanmu lebih giat dan semangat dalam bekerja.

2. Jangan terlalu cuwek, jalin hubungan baik dengan rekan-rekan kerja kamu

Ada berapa banyak rekan kerja kamu di kantor? sebanyak apapun karyawan yang ada dikantor cobalah sebanyak mungkin untuk saling mengenal dan menjain hubuungan yang baik. Kamu tidak mau kan bekerja sendirian? nah semakin banyak kamu mengenal dan berhubungan baik dengan rekan kerja kamu, kamu telah memiliki kartu AS untuk meminta bantuan apabila kamu sedang mengalami kesulitan mengerjakan sebuah project kerja kamu.

Memiliki hubungan baik dengan rekan kerja di kantor akan membuat kamu nyaman dalam melakukan tugas kerja kamu. Jangan pernah dengan sengaja mencoba mencari musuh/ saingan rekan kerja, jika kamu memiliki musuh akan menimbulkan keresahan yang pada akhirnya membuyarkan kenyamanan kamu dalam bekerja

3. Bagi beberapa profesi, Kerja nggak harus di meja kerja kamu

Ada kalanya kejenuhan datang karena kondisi atau lingkungan di ruang kerja yang sumpek, jika perlengkapan kerja kamu mendukung (misal leptop, buku, dll) kamu bisa mencoba untuk mencari ruangan yang lebih menyegarkan untuk kamu bekerja.

Suasana lain di ruang lain yang lebih menyegarkan dan nyaman mungkin bisa membuat semangat kerja kamu hidup kembali.

4. Kamu suka musik apa? buatlah playlist musik untuk menemani kerja kamu

Musik akan menstimulasi kinerja otak kamu menjadi lebih rilek dan lebih kreatif, kamu bisa putar musik untuk menemani kerja kamu, jika takut mengganggu rekan kerja sebelah mejamu kamu bisa menggunakan headset.
tapi sesuaikan juga musiknya ya, jangan sampai malah musik membuat kamu menjadi baper karena lirik lagunnya.

5. Keluar ruangan sejenak untuk mencari inspirasi dan udara segar

Cobalah berjalan-jalan sejenak keluar ruangan, atau bahkan jika memungkinkan keluar kantor sejenak, eitch tapi jangan sampai kebablasan ya. Jika sampai kebablasan bisa berantakan pekerjaan kamu.
Keluar ruangan kerja untuk berbincang sejenak dengan rekan kerja kamu yang sedang tidak terlalu sibuk, atau mungkin dengan OB atau sekuriti kantor, keluar ruangan cari udara segar atau mencari inspirasi yang mungkin saja bisa kamu temui setelahnya.


No comments:

Post a Comment