Aspek Aspek Kepuasan Kerja

Terdapat beberapa aspek kepuasan kerja yang dikemukakan oleh beberapa ahli, diantaranya yaitu:

  1. Menurut Locke, Aspek aspek kepuasan kerja seseorang adalah: bidang kerjanya, gajinya, promosi, penghargaan, keuntungan yang diperoleh. kondisi kerja, supervisi, kerjasama antar pekerjanya, serikat kerja dan manajemennya.
  2. Menurut Lawler III aspek aspek kepuasan kerja adalah: Gaji, Bidang kerjanya, supervisi, promosi, kerjasama antar pekerja, dan kondisi kerja.
  3. De Roche, aspek kepuasan kerja adalah: keterlibatan pekerja dalam membuat keputusan, pengakuan yang dirasakan pekerja, harapan pekerja, hubungan personil yang terjadi dalam lingkungan kerja, dan otoriras yang diterima pekerja.
ilustrasi image:pixabay.com
Mengukur kepuasan kerja tidak terlepas dari aspek yang mempengaruhi kepuasan kerja itu sendiri. Anoraga (2009) menyatakan adanya beberapa aspek kepuasan kerja antara lain:
  1. Rasa Aman, adanya kepastian pegawai untuk memperoleh pekerjaan yang tetap, selama mungkin berada dalam jabatan yang diharapkan.
  2. Kesempatan untuk maju dan berkembang, adanya kemungkinan dari pegawai untuk maju, naik pangkat, kedudukan dan keahlian pengalaman.
  3. Gaji/ uang, perusahaan yang memberikan kebanggaan kepada karyawan apabila mereka bekerja di perusahaan yang bersangkutan.
  4. Nama baik di tempat kerja
  5. Kesempatan berprestasi dan pengakuan diri, organisasi yang dapat memberikan kesempatan untuk dapat mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya, sehingga mencapai tingkat kerja yang maskimal.
Menurut Jewell dab Siegal menjelaskan bahwa aspek aspek kepuasan kerja adalah sebagai berikut:
  1. Aspek psikologi, berhubungan dengan jiwa anggota pegawai, meliputi; minat, ketrentaman kerja, sikap terhadap kerja, bakat dan keterampilan.
  2. Aspek sosial, berhubungan degan interaksi sosial, baik sesama anggota dengan atasan maupun antar anggota yang berbeda jenis tugasnya serta hubungan dengan anggota keluarga.
  3. Aspek fisik, berhubungan dengan kondisi fisik, lingkungan kerja, dan kondisi fisik anggota.

No comments:

Post a Comment