Apa itu Sukses dan Bahagia?

Sukses dan bahagia? apa sebenarnya yang dimaksud dengan sukses dan bahagia? semua orang pasti memimpikan hal itu, semua orang pasti menginginkan didalam hidupnya bisa meraih kesuksesan dan kebahagiaan.

Lalu apa bedanya sukses dan bahagia? hampir setiap orang tau ada yang membedakan antara keduanya dengan sangat jelas yaitu; "Success is getting what you want, Happiness is wanting you get", Sukses adalah mendapatkan apa yang kamu inginkan, dan bahagia adalah menginginkan apa yang sudah kamu dapatkan.

ilustrasi image:pixabay.com
Definisi sukses menurut Stephen Covey dalam tulisannya di buku First Things First sebagai berikut;
"Terdapat kebutuhan-kebutuhan tertentu yang amat mendasar bagi pemenuhan hidup manusia. Apabila ada dari kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi, kita merasa kosong dan tidak lengkap. kebutuhan-kebutuhan dasar ini sangat penting, terangkum dalam ungkapan: Hidup (kebutuhan fisik), Mencinta (kebutuhan emosional), Belajar (kebutuhan mental) dan Meninggalkan warisan (kebutuhan spiritual)".
"To Iive, to love, to learn, and leave a lagecy".

Bagaimanapun, kamulah yang berhak menentukan definisi sukses bagi diri kamu sendiri, akan tetapi inti sukses adalah berkaitan dengan;

  • Seberapa besar kamu bisa merealisasikan cita cita kamu
  • Bagaimana kamu ingin dikenang
  • Seberapa besar kamu memberikan dampak positif
  • Seberapa besar perbaikan dalam semua bidang kehidupan kamu
  • Menjadi ahli dalam raihan prestasi
Kesimpulan yang bagus mengenai total success diungkapkan oleh Ahmad Faiz Z dalam tulisannya di buku Spiritual Emotional Freedom Technique yaitu; "Total Success adalah terpenuhinya kebutuhan semua dimensi kebutuhan kita, dan terberdayakannya dimensi-dimensi itu secara menyeluruh dan progresif".

No comments:

Post a Comment