5 Cara Menentukan Lokasi Usaha Restoran

Salah satu keberhasilan sebuah restoran yaitu tepatnya menentukan lokasi. Kenapa lokasi? Lokasi bisa sangat menentukan mau atau tidaknya para pelanggan mampir di restoran kamu. Di luar dari segi rasa, penempatan lokasi harus dipertimbangkan saat perencanaan bisnis, merancang menu, ataupun pemilihan konsep restoran yang hendak dibuka.



Banyak pengusaha restoran yang lupa akan pentingnya sebuah lokasi bagi bisnisnya tersebut. Karena penentuan sebuah lokasi restoran bisa saja membuat kamu kepada kesuksesan nantinya. Dari sebagian pengusaha yang memulai bisnisnya dengan membuka restoran di gang sempit sekalipun, namun dikunjungi banyak orang. Meski faktor rasa, strategi pemasaran dan pelayanan juga menjadi hal penting lainnnya yang harus diperhatikan.

Tidak selamanya lokasi strategis berada di tengah kota yang ramai dengan penduduk merupakan tempat terbaik untuk mendirikan bisnis kamu. Restoran akan ramai dikunjungi jika memiliki akses yang mudah. Yang dimaksud dengan akses yang mudah, apakah restoran tersebut mudah dijangkau? Karena jika keberadaannya kurang tepat, seperti jauh dari putaran balik arah, orang akan enggan mempir ke restoran kamu.

Selain akses yang mudah, nyatanya ketersediaan lapangan parkir juga tidak kalah penting menentukan ramai atau tidaknya pengunjung di restoran kamu. Banyaknya pengguna kendaraan (motor atau mobil) saat ini tidak bisa dipungkiri lagi. Setiap pengunjung bisa saja membawa kendaraan ketika ingin mampir ke restoran kamu. Jika restoran kamu yang bagus itu tidak memiliki area parkir memadai, akan mempengaruhi keramaian pengunjung. Mereka pun akan enggan mampir di restoran kamu karena tidak tersedianya parkir yang memadai.

Sekali lagi faktor lokasi sangat penting. Ketika memilih lokasi, coba terapkan sistem 5T ini.

1. Target Market

Lokasi restoran sebaiknya berada di mana banyak sasaran calon pelanggan yang dituju.

2. Terlihat

Lokasi restoran sebaiknya terlihat dari berbagai arah. Dalam arti keberadaannnya tidak terhalangi oleh gedung atau bangunan lain, pohon, dan lain-lain. Pilihlan lokasi restoran yang terlihat dari jalan atau pusat keramaian. Lokasi yang ter-ekspose memiliki banyaknya peluang dikunjungi para pelanggan.

3. Tingkat Kepadatan

Lokasi restoran sebaiknya berada di daerah yang ramai/padat penduduk. Sehingga prosentase banyaknya pengunjung yang akan datang meningkat. Tempat dengan padat penduduk seperti, perkantoran, komersial area, dan pusat rekreasi sekitar.

4. Teman Sebisnis

Ketika hendak membuka restoran, carilah tempat disekitar restoran yang telah ada di sekitar lingkungan teman restoran kamu. Hal itu membuat restoran kamu dikunjungi oleh pelanggan. Lokasi yang berdekatan dengan restoran lain dapat menjadi kekuatan di mana dapat menimbulkan traffic. Namun, berikan tampilan lain (lebih unik dan kreatif) pada restoran kamu dan memberikan warna yang berbeda.

5. Traffic Flow

Lokasi restoran harus didukung oleh arah lalu lalang yang tepat. Biasanya untk lokasi restoran, pilih arah lalu lintas pulang ke rumah daripada arah berangkat kerja. Karena ketika pulang kerja banyak orang merasa lapar di waktu-waktu itu. Justru itu peluang yang sangat efektif untuk menjaring para pelanggan untuk makan di restoran kamu.

Semoga lima cara yang dapat menginspirasi ini bermanfaat bagi kamu yang bingung ketika memilih lokasi untuk membuka restoran.



::M Hasan:dari berbagai sumber::

No comments:

Post a Comment