Customer Service Ujung Tombak Perusahaan

Customer Service (CS) adalah salah satu bagian yang memiliki pengaruh yang besar dan peran penting dalam sebuah perusahaan. Bagaimana tidak, perannya yang vital sangat berpengaruh dan menentukan puas atau tidaknya para pelanggan. Customer Service merupakan sarana yang diberikan perusahaan untuk memberikan informasi langsung kepada para konsumen/ pelanggan. Berfungsi sebagai sumber informasi, menjadikan Customer Service sebagai jembatan antara perusahaan dengan pelanggan.



Banyak perusahaan yang menjadikan Customer Servis sebagai ujung tombak ketika ingin membangun kepuasan konsumen/ pelanggan. Melalui Customer service perusahaan juga dapat mengetahui data tentang permasalahan yang ada, complain dari pelanggan, dan lain sebagainnya berkaitan dengan konsumen. Dimana nantinya perusahaan akan dengan mudah mensiasatinya.

Menjadikannya sebagai sumber informasi membuat Costumer Service harus memahami keseluruhan kebijakan perusahaan yang dikeluarkan untuk pelanggan. Dimana nantinya itu sangat berguna untuk menangani semua pertanyaan maupun keluhan dari pelanggan. Seseorang Customer Service harus menjalankan tugasnya dengan baik. Jika tidak, tentu akan memberikan dampak buruk bagi perusahaan.

Di bawah ini 5 dampak yang ditimbulkan akibat buruknya kinerja Customer Servis yaitu:
  1. Perlakuan buruk yang dilakukan Customer Service mengakibatkan 86% pelanggan akan meninggalkan bahkan memutuskan hubungan bisnis dengan perusahaan kamu. 
  2. Rata-rata pelanggan akan bercerita kepada 9 orang temannya ketika mendapatkan pelayanan yang memuaskan dari Customer Service suatu perusahaan. Sedangkan pelanggan akan bercerita kepada 16 orang temannya (hampir dua kali lipatnya), ketika mendapatkan pelayanan yang tidak memuaskan. 
  3. Interaksi yang baik akan menghasilkan jumlah transaksi yang lebih besar. Hal itu karena 40% dari para pelanggan mencari interaksi dan informasi yang lebih baik dengan perusahaan melalui Customer Service. 
  4. Merek yang kamu jual akan direkomendasikan oleh 78% pelanggan online kepada temannya bahkan orang lain setelah mendapatkan pengalaman baik dari Customer Service. 
  5. Delapan orang di antara 10 orang di Amerika memastikan dengan senang hati akan membayar lebih untuk mendapat pelayanan yang superior. 



::Muhammad Hasan::

No comments:

Post a Comment