Karyawan Sebagai Kunci Pencapaian Target

Karyawan merupakan salah satu pondasi penting bisnis kamu. Bukan hanya untuk mempermudah dalam mengelola bisnis, namun karyawan juga berperan dalam membangun visi misi usaha kamu. Kinerja karyawan yang baik akan membantu kamu memperoleh target bisnis yang sudah direncanakan.


Anda tentu menginginkan hasil maksimal dari karyawan yang dimiliki, namun ada hal yang tidak kalah penting yang patut dijalankan. kamu juga dituntut untuk memperhatikan karyawan. Secara logika, bagaimana karyawan akan memberikan kinerja yang baik jika kamu tidak membuat perasaan mereka bahagia atau membuat mereka bersemangat dalam bekerja?

Menurut JoAnna, penulis buku Winning at Customer Retention: 101 Ways to Keep em Happy, Keep em Loyal, and Keep em Coming Back, serta penerbit Customer Care Coach, terdapat 9 cara manajemen dalam berinteraksi dengan karyawan kamu.

1. Berpikir Positif Terhadap Karyawan


Buanglah pendapat negatif yang kamu miliki terhadap karyawan. kamu dan mereka tentu memiliki ambisi untuk mencapai visi bisnis yang sudah ditetapkan. Tidak mungkin mereka berniat ingin menjatuhkan bisnis kamu. Berpikir positiflah dan berikan sumber pengetahuan yang unik dan berharga untuk memotivasi semangat mereka.

2. Penuhi Kebutuhan Karyawan


Setiap manusia memiliki kebutuhan masing-masing dan kebutuhan ini pula kerap berubah-ubah. Pastikan kebutuhan karyawan kamu terpenuhi dengan baik. Jika mereka merasa diperhatikan terhadap apa yang dibutuhkan, maka feedback baik akan mereka berikan untuk bisnis kamu.

3. Komunikasi yang Baik


Sampaikan dengan jelas apa yang kamu inginkan atau target yang harus dijalankan karyawan. Jelaskan dengan baik kesuksesan seperti apa yang dijelaskan dalam visi bisnis kamu kepada karyawan kamu. Hal ini untuk memberi tahu dan gambaran pencapaian seperti apa yang diharapkan sehingga mereka mengerti apa yang harus dilakukan untuk memajukan usaha.

4. Dekat dengan Karyawan


Memiliki kedekatan dengan karyawan akan memiliki kesan bahwa kamu perhatian dari apa yang mereka kerjakan. Tunjukan perhatian kamu jika terdapat keluhan atau jika mereka mengalami kendala. Dengan ini kamu bisa mengerti dan memotivasi kinerja karyawan sehingga mereka bisa kembali bersemangat dalam melakukan aktifitasnya.

5. Latihlah Kemampuan Karyawan


Untuk mendapatkan hasil yang optimal, ada kalanya kamu melatih karyawan. Pelatihan ini akan memberi pengetahuan bagaimana menghasilkan pekerjaan yang berkualitas dan juga meningkatkan skil mereka.

6. Minta Pendapat Karyawan


Bijaksanalah walaupun kamu sebagai owner bisnis. Terbukalah terhadap pendapat karyawan mengenai sikap atau prilaku yang kamu lakukan setiap harinya. Mintalah pendapat mereka apa saja kekurangan kamu atau sikap yang menurut mereka kurang mengenakan. Sikap kamu akan mempengaruhi kenyamanan karyawan dan tentu berdampak pada kinerja mereka.

7. Jaga Sikap


Perhatikanlah sikap kamu dalam berinteraksi dengan karyawan. Jangan kamu melecehkan pekerjaan yang mereka lakukan. Sikap berwibawa dan peduli terhadap pekerjaan mereka akan membuat karyawan kamu betah menjalankan tugasnya.

8. Hargai Karyawan kamu


Hargai dan kenali karyawan kamu dengan cara yang berkesan. Penghargaan yang kamu berikan kepada setiap karyawan yang dimiliki akan membuat mereka menghormatidan ikut merasa bahwa bisnis yang kamu jalankan juga milik mereka. Mereka juga akan tutut memajukan bisnis yang kamu kelola untuk jangka panjang. Kesetiaan dalam membangun bisnis yang kamu jalankan juga akan terbentuk jika mereka merasa dihargai.

9. Konsisten


Beberapa sikap yang telah dijelaskan diatas ini tidak semata-mata untuk sementara saja. kamu harus melakukan kedelapan hal tersebut secara rutin dan konsisten. Jika pelaksanaannya tidak konsisten, maka usaha kamu akan menjadi bomerang. Terdapat hubungan erat antara komitmen karyawan dengan komitmen kepemimpinan yang mendukung perkembangan bisnis kamu.Keterlibatan kamu selaku pemilik bisnis untuk bergabung dalam pekerjaan karyawan akan memacu semangat dan memberi contoh “gairah” rutinitas yang mereka jalankan.



Karyawan merupakan salah satu aset terpenting dari bisnis yang kamu jalankan.
Jika karyawan kamu merasa senang, maka mereka akan memberi kinerja yang baik pula.


::Renaldi A::

No comments:

Post a Comment