8 Kebiasaan Yang Dijalani Pengusaha Sukses

Dalam dunia bisnis tentunya para pengusaha ingin usaha yang dijalaninya dapat berkembang dengan sukses dan dapat menjadi tren nomor satu di kalangan masyarakat luas, namun sering kali banyak pengusaha-pengusaha yang gugur dan tidak sanggup melawan kerasnya persaingan di dalam dunia bisnis, apalagi untuk para pengusaha-pengusaha baru. Oleh karna itu jika kamu ingin sukses dan meningkatkan kinerja perusahaan, kamu perlu mengamati baik-baik para pengusaha yang lebih dulu mencapai keberhasilannya.



Berikut ini merupakan kebiasaan yang selalu dilakukan para pengusaha super sukses, yang dapat menuntun kamu membangun usaha yang kamu jalani:

1. Selalu berpikir seperti pengusaha sukses

Jika kamu hanya mengamati tindak-tanduk para pengusaha, tak banyak yang bisa kamu pelajari darinya. Kebanyakan, Para pengusaha memiliki sikap yang sangat istimewa dan cenderung aneh. Akan tetapi, meski menunjukkan sikap yang rata-rata berbeda, semua pengusaha sukses menunjukkan pola pikir yang hampir sama. Singkatnya, para pengusaha selalu menggunakan formula bertindak (Act), belajar (Learn), bangun (Build), dan mengulangi (Repeat).

Bagi kamu yang pernah melihat seorang pengusaha terjun ke bisnis yang serba tidak pasti, itu bukan karena dirinya tidak mempunyai rencana apapun, tetapi ia bertindak atas dasar belajar dari apa yang ditemukannya.

2. Mengikuti kebutuhan konsumen

Menemukan gagasan merupakan hal yang mudah. Bukan tidak mungkin, kamu memunculkan banyak gagasan dan ide ide baru atau produk baru saat terdesak. Namun, jika itu hanya memiliki sedikit manfaat maka gagasan baru itu bisa tidak bernilai banyak.

Dan tidak ada jaminan bahwa ada yang mau langsung membeli gagasan baru kamu itu. Saat mulai memikirkan sesuatu untuk memunculkan ide ide baru, konsumen harus menjadi prioritas. Jika kamu memulainya dengan kebutuhan konsumen, meskipun produknya belum terwujud, maka bisa dibilang kamu sudah punya pasar sendiri.

3. Jangan ingin kaya

Tujuan awal yang dimiliki oleh para pengusaha terbaik bukanlah kekayaan. Kekayaan hanya dianggap sebagai produk atau hasil dari kerja kerasnya dalam berbisnis.
Jika terlalu fokus pada tujuan kekayaan maka ruang gerak akan terbatas dan tidak fokus pada konsumen. Selain itu, kamu juga akan kesulitan menemukan kebutuhan pasar.

4. Memasarkan dengan cara yang berbeda dan unik

Seringkali dilakukan dengan banyak spekulasi untuk melakukan sebuah pemasaran. Saat yang lain pergi ke kanan, bisajadi kamu akan mencoba melangkah ke kiri. Memulai hal yang baru memang memiliki risiko, tapi bertaruh dan mencoba cara yang berbeda bisa jadi adalah jalan menuju kesuksesan dan keberuntungan.
Berspekulasi juga harus diiringi dengan langkah-langkah yang realistis dan tidak ceroboh terlebih dalam memasarkan produk. Kamu harus menentukan waktu dan tempat yang tepat.

5. Tidak langsung mulai dengan dana besar

Para pemula bisnis seringkali gagal paham mengenai pendanaan sebuah perusahaan/ bisnis. Memulai sebuah usaha dengan modal yang besar merupakan langkah yang kurang tepat. Mengambil langkah kecil saat memulai usaha bisa membantu kamu memperoleh keuntungan besar nantinya.

6. Membangun Sebuah Tim

Seorang pengusaha harus berani mendelegasikan dan memberikan sebagian tugas kepada karyawan. Satu orang tidak bisa melakukan berbagai hal (multitasking) yang bisa membuat bisnisnya menjadi besar. Tanpa adanya tim kerja, perusahaan kamu tidak bisa bergerak dengan cepat karena semuanya harus melalui keputusan satu orang tanpa ada masukan dari orang lain.

7. Pengusaha sukses bermain dengan kekuatannya

Pengusaha yang sukses adalah mereka yang berani menerima kekalahannya, pandai dalam memuji serta memanfaatkan kekuatannya untuk berbisnis. Tindakan tersebut dapat membuatnya berkonsentrasi pada upaya-upaya terbaik yang bisa dilakukan. Pengusaha sukses tidak akan terjerumus dengan kesedihan atas segala kekurangannya.
Hal ini mengingat dimana ada inovasi di situ ada pemimpi dan eksekutor mimpi saat seseorang bisa mengubahnya menjadi kenyataan.

8. Mengubah hambatan menjadi aset

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan kalimat mati satu tumbuh seribu, para pengusaha sukses menerimanya sebagai suatu kebenaran. Apapun hambatan yang menimpa para pengusaha sukses, mereka selalu mampu mengubahnya menjadi jalan untuk menuju sebuah keberhasilan.
Menerima segala hambatan yang dihadapi sebagai aset yang berharga bisa membuat bisnis kamu semakin lancar. Hal ini karena kamu akan fokus pada masalah yang dihadapi dan berupaya lebih untuk mengatasinya, bukan menghindarinya seperti yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang. Mengatasi masalah hingga ke akar akarnya bisa jadi akan melahirkan produk produk baru, bahkan bisa jadi kamu akan memperoleh pembelian dalam jumlah yang besar.




No comments:

Post a Comment