Memilih Media Sosial Untuk Berbisnis

Dunia bisnis kini telah berkembang secara pesat, dalam aplikasinya bisnis pun tidak hanya bisa dilakukan sebatas tampilan fisik, akan tetapi sudah berkembang secara online atau bisnis online. Saat ini pengusaha tidak harus memiliki infrastruktur bisnis secara fisik, seperti toko atau outlet, akan tetapi cukup dengan memanfaatkan internet dalam menjalankan bisnisnya. Selain itu keunggulan media social yang lebih murah dan menjangkau semua kalangan, membuat banyak orang memilih melakukan bisnis secara online. 


Bisnis online kebanyakan dilakukan melalui social media. Menggunakan social media tentu memiliki keuntungan sendiri, selain gratis, kamu juga dapat terkoneksi dari orang-orang dari seluruh dunia. Jika dibandingkan dengan membuat domain atau situs pribadi yang berbayar, penggunaan social media dirasa lebih tepat untuk memulai bisnis. Jadi, media social apa sajakah yang dapat digunakan untuk melakukan bisnis online? Di bawah ini adalah beberapa jenis social media yang dapat digunakan untuk berbisnis.

1. Facebook

Siapa yang tidak mengenal facebook? Saat ini hampir semua orang di seluruh penjuru dunia pasti memiliki akun facebook. Media sosial yang diluncurkan pada tahun 2004 ini tercatat sebagai sosmed yang terbanyak penggunanya dibandingkan media sosial lain. Di Indonesia sendiri facebook merupakan media sosial yang paling digandrungi oleh semua kalangan, baik muda maupun tua. Setidaknya ada 63 juta orang pengguna facebook di Indonesia, yang tercatat sebagai pengguna kempat terbanyak di dunia.

Banyaknya orang yang mengakses facebook juga dapat dijadikan sebagai peluang berbisnis. Tentunya sudah tidak terhitung lagi berapa banyak profil usaha yang menggunakan facebook sebagai sarana promosi maupun transaksi. Melalui aplikasi facebook fanspage, kamu dapat lebih mudah mempopulerkan bisnis kamu kepada orang lain. Dengan menyarankan kepada orang-orang terdekat untuk menyukai halaman bisnis kamu, sehingga profil bisnis kamu akan lebih cepat tersebar. Kelebihan lainnya pada interaksi antara pemilik usaha dengan konsumen atau antar sesama konsumen yang lebih masif sehingga memungkinan kamu untuk mendapatkan ide-ide usaha baru.

2. Twitter

Terhitung dari 64 juta pengguna internet di Indonesia, sebanyak 55 juta di antaranya menggunakan perangkat mobile internet yang memungkinkan mereka dapat mengakses dari telepon genggam, gadget, dan perangkat lainnya. Salah satu media yang paling sering diakses menggunakan perangkat mobile adalah twitter. Media twitter mulai digandrungi sejak tahun 2007 dan terus meningkat penggunanya. Twitter sendiri merupakan sejenis microbloging yang memungkinkan setiap penggunanya untuk terus meng-update perkembangan terbaru melalui status ataupun foto. Keunggulan twitter adalah lebih mobile dan sederhana, sehingga memudahkan bagi penggunanya untuk mendapatkan informasi terbaru dari akun yang di-follow.

Menggunakan twitter sebagai sarana bisnis, kamu harus pintar-pintar memilih bahasa promosi yang singkat dan padat, namun cukup efektif. Selain itu respon terhadap promosi melalui status yang dibuat juga lebih cepat. kamu juga dapat manfaatkan para “seleb twit” atau istilah bagi orang yang memiliki pengaruh dengan banyak followeruntuk mempromosikan suaha kamu agar lebih dikenal lagi.

3. Instagram

Penggunaan instagram mungkin masih terbilang baru dibandingkan dengan twitter atau facebook. Namun instagram yang pertama kali diluncurkan pada 2010 lalu memiliki sejumlah kelebihan secara visual. Dalam dunia bisnis visualisasi baik untuk tampilan produk maupun media promosi memegang peranan penting. Instagram dapat menjadi pilihan yang tepat, karena media ini mengedepankan tampilan visual suatu produk melalui foto yang diunggah dan layanan untuk menggali informasi dari foto tersebut.

kamu dapat menampilkan spesifikasi dan detail dari produk bisnis kamu dengan menggunakan instagram. Tipsnya bukan dengan mengupload foto sebanyak-banyak nya, akan tetapi pilihlah foto yang sekiranya memiliki tampilan menarik dan “menjual” sehingga . Selain itu ajaklah para konsumen untuk ikut mengambil gambar dari produk kamu, dengan begitu orang lain akan mengetahui jika produk kamu memang populer dan telah banyak digunakan.


::Bayuaji A::


No comments:

Post a Comment