Menjadi Pebisnis Dimulai dari Hobi

Hobi bisa diartikan dengan kegemaran atau kesenangan yang istimewa yang dilakukan pada waktu senggang. Dimana hobi bukanlah sebagai pekerjaan utama yang harus dilakukan seseorang, melainkan hanya untuk menginginkan kesenangan semata seperti yang dimaksudkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).


Dari hanya untuk kesenangan semata, hobi nyatanya bisa mendatangkan usaha jika jeli melihat peluang tersebut dan pandai memanfaatkannya. Ketika jeli melihat peluang dari hobi dan mampu memanfaatkannya, bukan hanya sekedar penghasilan tambahan, bahkan bisa saja nantinya menjadi mata pencarian utama yang menguntungkan. Tentu merupakan hal yang menyenangkan bukan?

Memanfatkan peluang usaha dari hobi, kunci sukses akan terasa lebih mudah digapai. Steve Jobs mempunyai jargon “do what you love”. Orang yang memulai bisnis dari hal yang disukai tentu saja akan tumbuh sifat positif lainnya dalam menjalankan usaha.

Mungkin seseorang akan memiliki banyak hal kesenangan dalam hidupnya. Tentukan satu kesenangan tersebut untuk memulai sebuah usaha. Berikut beberapa faktor yang mengunggulkan berbisnis dari hal yang disenangi oleh seseorang.

Lebih tahan banting

Jalan yang berliku bahkan curam akan dijalani saat mengawali bisnis. Semua membutuhkan proses hingga bisa sampai pada puncaknya. Bisnis yang berawal dari hobi, cenderung akan bertahan lebih lama dan kuat ketika telah menjalankannya. Pengusaha yang berawal dari hobi akan memiliki semangat pantang menyerah dan memiliki motivasi yang kuat untuk menemukan solusi. Karena memang, siapa pun akan menjadi lebih kuat dan tegar ketika berada tepat pada bidangnya.

Lebih total

Menjadikan sebuah hobi sebagai usaha, membuat pelakunya mempunyai rasa memiliki yang kuat pada bisnisnya. Pebisnis yang memulai usaha dari hobi akan lebih total. Bukan modal sekecil-kecilnya atau untung sebesar-besarnya, prinsipnya dengan segala daya dan pikiran diterjemahkan dalam persiapan, pelaksanaan bisnisnya secara total.

Lebih senang

Dalam berbisnis pasti banyak tantangannya, penuh perasaan was-was, ragu, tegang, tertekan akan target dan lain-lain. Namun, hal ini tidak dirasakan oleh mereka yang berbisnis pribadi dari hobi. Karena melakukan sesuatu yang disenangi, mereka tidak merasakan tekanan ataupun kekhawatiran akan keberlangsungan bisnisnya.

Lebih professional

Pebisnis yang memulai usaha dari hobi tahu banyak tentang seluk-beluk bidang yang digemarinya. Dampaknya, mereka memiliki pengetahuan yang mendalam, dimana tidak setengah-setengah dalam menjalankan bisnisnya. Sehingga seorang pelaku bisnis tersebut lebih kredibel dan profesional menjalankannya.

Nothing to lose

Ketika mendirikan bisnis, pertama yang terlintas dalam pikiran bukanlah tentang profit, melainkan kepuasan batin. Orang-orang semacam ini atau memulai usaha berdasarkan hobi tidak mengejar keuntungan dalam bentuk uang. Bahkan ketika bisnisnya defisit sekalipun, walau kalah mereka tidak akan merasa rugi sebab apa yang mereka jalani adalah sesuatu yang disenangi.

Selain memang hobi, mendapatkan uang tambahan dari hal yang kita gemari merupakan hal yang luar biasa. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencobanya.





::M Nur Hasan::

No comments:

Post a Comment