10 Tip Memulai Usaha Kecil dan Meraih Sukses

Untuk memulai usaha tentunya bingung untuk mengambil suatu tindakan, apalagi untuk usaha kecil yang baru berkembang dan ingin meraih sukses, karena dalam dunia bisnis tidak ada bedanya dengan pemenang lotere. Meletidakkan semua uang kamu dan berharap mendapatkan jackpot, namun hal itu malah akan membuat kamu semangkin terpuruk.


Berikut ini merupakan 10 tips untuk memulai usaha kecil agar kamu lebih mudah untuk memulai usaha, yang akan membantu kamu dalam memulai usaha agar usaha kamu menjadi lebih sukses seperti yang kamu inginkan dan dapat berkembang dengan seharusnya.

1. Lebih realistis

Untuk memulai sebuah usaha kamu perlu membuat model bisnis. Coba lihat di sekeliling dan cari contoh contoh sukses dari model bisnis seperti yang kamu kehendaki, lalu pelajari model bisnis itu untuk dijadikan referensi kamu dalam membuat model bisnis untuk usahamu.

2. Jangan menginvestasikan uang sendiri

Sebuah bisnis merupakan perjalanan yang berisiko, maka carilah rekan/ partner untuk berinvestasi. So, jika perjalanan bisnis kamu tidak berjalan sesuai rencana, kamu tidak bakal bangkrut terlalu banyak karena dana start-up dari rekanan kamu, sekaligus kamu tidak dikejar utang. Setidaknya yang menanggung kerugian bukan sepenuhnya di kamu.

3. Perbudak diri sendiri

Untuk menjadi seorang wirausahawan kamu harus bersedia bekerja keras, lembur, melupakan keuntungan pribadi dan bahkan kesehatan. Karena memang di awal usaha kebanyakan tidak mampu membayar karyawan, sekalipun dengan bayaran yang murah. Jadi, karyawan kamu, adalah kamu sendiri. Tapi, disisi lain kamu juga harus memperhitungkan gaji untuk kamu sendiri diumpamakan sebagai seorang karyawan, karena suatu saat kamu harus menggantikan diri kamu dengan merekrut karyawan.

4. Hargailah waktu

Beri nilai uang untuk setiap waktu yang telah kamu gunakan untuk usaha bisnis kamu, misalnya Rp 350 ribu per jam. Ini akan membantu saat kamu harus mengambil keputusan. Misal dijabarkan dengan sebuah kasus bila sebuah toko mengenakan biaya Rp10 ribu untuk pengiriman setiap minggu, dan kamu membutuhkan waktu 2 jam untuk pergi ke toko tersebut sendiri, maka bayar terus ongkos kirim dari perusahaan tersebut.

5. Rekrut karyawan yang handal dan baik

Seperti apapun bentuk usaha kamu, pada akhirnya jika semakin besar maka kamu akan membutuhkan dan merekrut karyawan. Untuk itu, lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati, tanpa tergesa-gesa, dan perlakukan hal tersebut sepenting saat kamu memulai usaha.

Sangat disayangkan sikap pemilik usaha yang memiliki visi untuk usahanya, tapi ia merekrut karyawan yang justru menjadi penghalang untuk meraih visi tersebut.

6. Jual kelebihan (kualitas), bukan harga

Ketika memulai sebuah usaha, sangat wajar ketika menghadapi permasalahan dalam memasarkan produk. Tapi, jika kamu memilih untuk bersaing pada harga, pada akhirnya kamu akan menjual produk dengan harga yang pas-pasan atau bahkan di bawah modal.

Kuasai skill berkomunikasi dengan pelanggan untuk menjelaskan bahwa harga produk kamu lebih tinggi karena memiliki nilai yang lebih baik, karena tidak semua konsumen selalu tergiur dengan harga murah.

7. Ketahui angka dasar

Kamu harus benar benar mengetahui berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk menjalani sebuah usaha, mulai dari sewa toko, bayar listrik, sampai harga tinta printer, kertas. Lalu bagi semua itu dengan berapa hari dalam setahun hari kerja kamu, dan itulah angka dasar dan jumlah minimum pendapatan yang kamu butuhkan.

8. Jangan Gaptek, Gunakan teknologi terbaru

Teknologi seperti aplikasi dan penyimpanan data merupakan alat yang penting dalam sebuah perusahaan. Penggunaan teknologi seperti gadget untuk membantu pemasaran melalui sosial media juga dirasa sangat efektif untuk jaman serba digital seperti saat ini. Jangan ragu untuk mengeluarkan biaya tambahan jika itu bisa untuk mendongkrak penjualan dan pendapatan.

9. Perlakukan vendor dan suplier dengan baik

Kamu harus perlakukan vendor dan suplier kamu sebaik mungkin, seperti halnya kamu memperlakukan para pelanggan kamu dengan baik. Tanpa kamu sangka sangka mereka tidak saja memberikan diskon berdasarkan besarnya volume pemesanan kamu, tapi bisa juga memberikan diskon demi menjaga hubungan baik. Hubungan yang baik juga bisa membuat mereka dapat memahami keterlambatan pembayaran, bahkan memberikan jasa pengiriman dengan gratis.

10. Jangan setengah setengah, All out jadilah yang terbaik

Jangan setengah-setengah dalam melakukan suatu tindakan dalam membuat inovasi baru. Setiap hal yang kamu lakukan untuk klien harus lah yang terbaik. Lakukan semua hal terbaik, produk terbaik, layanan terbaik, hubungan terbaik.




No comments:

Post a Comment