7 Trik Untuk Memikat Minat Konsumen di Media Online

Menjalankan bisnis di dunia online shop tentu memiliki perbedaan tersendiri dalam mengelolanya. Pasalnya produk yang ditawarkan pada bisnis media online ini tidak bisa dilihat secara langsung oleh konsumennya. Para pengusaha pun hanya menampilkan gambar/foto produk yang mereka tawarkan kepada pelanggan tersebut. Sistem seperti inilah yang membuat kepercayaan konsumen sangatlah penting bagi kita selaku usahawan. Kreatifitas para pelaku bisnis online ini pun sangat dituntut agar media internet yang dijadikan sumber pundi-pundi keuntungan ini dapat terus berjalan dan banyak diminati pasar.


Untuk mendapatkan perhatian lebih dari pelanggan yang sudah kita miliki atau pun calon konsumen baru kita, diperlukan kiat-kiat sendiri dalam memasarkan produk yang kita jual di media online. Berikut ini ada 7 trik untuk memikat minat konsumen di media online kita:

1. Berkualitasnya Sistem Informasi

Sistem informasi sangatlah penting mengingat hanya dengan cara ini saja konsumen dapat mengetahui produk yang kita tawarkan. Informasi yang kita tampilkan haruslah variatif dan komunikatif. Sehingga meskipun hanya melalui gambar/foto, pesan dan promosi yang kita lakukan dapat tepat sasaran kepada konsumen.

2. Pelayanan Prima

Pelayanan yang baik tentu akan membuat konsumen kita merasa puas karena segala keinginan yang mereka inginkan di dapatkan dengan baik. Pelayanan yang baik ini bisa dilihat dari antusiasnya kita menghadapi segala bentuk permintaan yang diminta konsumen. Selain itu pelayanan yang cepat tanggap akan membuat konsumen merasa dihargai dan terlayani dengan baik.

3. Keamanan yang Terjamin

Sistem keamanan dalam bisnis online akan membuat cara pandang konsumen kita baik terhadap usaha kita. Keamanan ini akan menjamin ketenangan konsumen untuk mendapatkan produk yang sudah diinginkannya. Kita harus teliti dalam mengamankan transaksi yang dilakukan dan juga sistem pengiriman barang.

4. Jelaskan Diri kamu

Konsumen tidak akan begitu saja percaya terhadap bisnis online yang kurang jelas asal usulnya. Disinilah salah satu letak kita untuk membangun kepercayaan konsumen. Menyertakan dengan jelas jati diri sang pengusaha. Biasanya kita bisa menemukan kolom about us/tentang kita. Isi kolom tersebut bisa berupa visi misi perusahaan, profil perusahaan atau untuk lingkup yang lebih kecil (pengusaha kecil) bisa mencantumkan profil diri kamu masing-masing. Selain itu, hal yang sangatlah penting berikutnya adalah kontak kamu. Bagaimana konsumen bisa dengan mudah memesan produk yang ditawarkan atau bertanya produk yang kita miliki jika kita tidak mencantumkan kontak kita? Cantumkan kontak yang paling sering kita gunakan agar kita bisa dengan tanggap menjawabnya.

5. Sistem Belanja yang Praktis dan Mudah

Pembeli adalah raja kita pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata-kata tersebut. Memang benar, jika kita sudah menginjakan kaki di dunia bisnis, kita harus menjalankan hal tersebut. Kemudahan dan kepraktisan dalam melakukan transaksi biaya akan memanjakan konsumen untuk mendapatkan produk keinginannya. Di zaman modern ini kepraktisan sangat di unggulkan dan kemudahan adalah hal yang paling dicari.

6. Update Rutin Produk yang Dipasarkan

Pemberitahuan terbaru produk yang kita terbitkan merupakan hal yang paling ditunggu para konsumen. Konsumen tentu akan tertarik dan timbul rasa setia terhadap bisnis online kita jika kita rajin posting hal baru. Jangan ketinggalan pula, kita meminta alamat media sosial konsumen baik Facebook,Twitter,instagram, E-mail, dan lain sebagainya agar mempermudah kita melakukan promosi.

7. Tampilan Produk yang Berkualitas

Jika ingin konsumen langsung membeli produk yang kita tawarkan, buatlah tampilan gambar/foto yang berkualitas. Hanya dari melihat kualitas tampilan produk saja konsumen akan memutuskan membeli atau tidaknya produk yang kita tawarkan. Tampilkan secara jelas produk yang kita “pajang” di media sosial kita.

Silakan mencoba rahasia tips sukses berbisnis di dunia online ini. Salam sukses.


::Renaldi A/berbagai sumber::

No comments:

Post a Comment