5 Cara Mengasah Bakat Bisnis

Banyak orang yang ingin memulai sebuah usaha. Namun, pemikiran sebagian orang tentang susahnya menciptakan usaha seringkali muncul. Mereka memiliki banyak keraguan, padahal keinginan sudah menggebu—ditambah jenis usaha yang ingin dijalankan sudah diketahui. 

Memulai sebuah bisnis bukan hanya tentang pemahaman produk dan pelayanan saja, tetapi juga bagaimana menajamkan intuisi bisnis bagi mereka yang terjun ke dalamnya. Sehingga apa yang sudah dimiliki akan lebih bisa mengembangkan kelangsungan bisnis untuk masa yang akan datang. 


Mengasah bakat entrepreneur juga bisa dikatakan relatif mudah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk kamu jika masih ragu dalam membangun sebuah bisnis. Di bawah ini terdapat beragam pilihan sarana untuk mengasah bakat entrepreuner kamu .


1. Membaca buku bisnis

Ya, memang benar bahwa buku merupakan jendela dunia. Dengan membacabanyak buku tentu wawasan atau pengetahuan kamu akan bertambah. Begitupula dengan kamu yang ingin terjun dalam bisnis. Bacalah sebuah buku dengan bidang usaha yang akan dijalankan lalu pelajari tips yang ada. Bahkan buku bisnis yang ada saat ini seringkali dilengkapi bonus CD yang akan lebih memudahkan kamu belajar tentang bisnis.


2. Ikuti diskusi dan talkshow bisnis

Cara lain untuk mengasah bakat entrepreneur kamu adalahd engan aktif mengikuti diskusi atau talkshow bisnis. Mulailahd engan mencara jadwal acara tersebut lalu datangi dan ambil semua ilmu bisnis di dalamnya. Talkshow atau seminar akan sangat cocok untuk pelaku bisnis pemula karena di sanalah mereka bisa bertanya, dan mengetahui masalah apa saja yang akan dihadapi. Ada beberapa keuntungan jika kamu aktif mengikti cara seperti itu, misalnya mendapat ilmu bisnis, menambah pengalaman—yang dilihat dari pengalaman narasumber, mendapatkan banyak ide bisnis, menambah banyak kenalan, konsultasi gratis, hingga kamu bisa mengenalkan usaha yang akan dijalankan kepada banyak orang.


3. Mencari mentor

Ada kalanya sesorang membutuhkan mentor yang pengalaman untuk bisnisnya. Untuk bisa mendapatkan mentor yang berpengalaman, kamu bisa mencarinya di beberapa kesempatan diskusi, talkshow, atau seminat. Jangan lupa bahwa aktif ke acara tersebut bukan hanya mendengarkan, tetapi juga kamu harus berkenalan dengan banyak orang dan jalinlah hubungan dengan mereka secara baik. Dengan dekat secara personal kamu lebih bisa banyak bertanya tentang dunia bisnis.


4. Mengikuti training bisnis

Cara ini memang tidak banyak berbeda dengan diskusi, eminar, atau talkshow. Namun, pelatihan bisnis merupakan cara yang sangat ampuh dalam mengasah bakat bisnis kamu . Melalui pelatihan kamu akan bertemu dengan mereka yang sudah berpengalaman dengan waktu yang lebih lama. Memang kamu harus merogoh kocek, namun sepertinya biaya yang akan dikeluarkan bisa menjadi investasi awal usaha kamu .


5. Terjun langsung

Anda sudah membaca buku bisnis dan berkenalan langsung dengan pelaku bisnis yang berpengalaman maka ilmu kamu sudah bertambah. Namun, kamu harus ingat bahwa ilmu tersebut akan terasa percuma jika kamu tidak memulai sebuah bisnis. Modal nekat memang dipelukan, tetapi tetap saja bahwa kamu sudah memperhitungkan dengan matang beberapa hal seperti modal usaha, persiapan, hingga relasi yang luas. Jika hal tersebut sudah terpenuhi maka tidak ada alasan ragu lagi memulai sebuah usaha.



::Herti A:: Sumber:ciputraentrepreneurship::

No comments:

Post a Comment