Peran Krusial Manajemen dalam Berbisnis

Sistem manajemen yang buruk akan mengakibatkan banyak kekacauan dalam segi biaya, pekerja, dan lainnya pada sebuah usaha. Mengakibatkan adanya biaya yang tidak perlu seperti bahan baku terbuang sia-sia, pekerja tidak produktif karena pengawasan yang tidak efektif dan deskripsi pekerjaan yang tidak jelas.

Maka dari itu, manajemen yang profesional sangat dibutuhkan bagi setiap usaha, baik kecil maupun yang besar sekalipun. Hal itu bertujuan untuk memastikan agar proses produksi, distribusi, dan penjualan berlangsung dengan baik sesuai dengan perencanaan.


Ilmu manajemen merupakan pokok yang paling penting dalam sebuah bisnis. Sebab sedikit kesalahan atau kegagalan yang terjadi dalam manajemen akan berakibat fatal untuk kedepannya. Perlu rasanya bagi setiap pelaku bisnis untuk memiliki pengetahuan dasar mengenai dunia manajemen demi menghindari resiko kegagalan.

Selain ilmu manajemen, sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu kunci keberhasilan pada sebuah usaha. Banyak pakar bisnis berpendapat, bahwa untuk memulai suatu usaha perlu rasanya merekrut pegawai yang tepat sehingga berpotensi dapat menutup kelemahan manajemen. Memilih SDM yang tepat maka secara sadar sudah atau setengah jalan menuju kesuksesan.

Manajemen SDM secara umum masuk ke dalam sistem penilaian kinerja pegawai. Sehingga setiap pegawai akan merasa puas dengan memotivasinya dengan baik secara psikologi umum maupun dengan sistem insentif untuk mengoptimalkan kinerja. Dengan kinerja pegawai yang meningkat, maka akan berdampak secara langsung terhadap perusahaan.

Menjalankan sebuah usaha, cepat atau lambat para pelakunya dapat dipastikan mengalami yang namanya permasalahan. Permasalahan yang terjadi bisa saja berujung pada suatu kegagalan ketika tidak ditangani dengan tepat. Tidak sedikit kegagalan terjadi karena kurangnya kreativitas, kepemimpinan, dan pembuatan keputusan yang salah atau kurang akurat. Dalam hal itu peran manajemen sangat krusial dalam memecahkan setiap permasalahan yang ada.

Kreativitas sangat diperlukan untuk memunculkan ide atau solusi yang baru. Kreatifitas bersifat seperti suatu pemikiran baru di luar dari hal yang biasa. Bisa diartikan dengan kemampuan melakukan analisa permasalahan di luar pemahaman yang sudah ada dan mencari alternatif solusi kreatif. Dimana itu akan sangat membantu sebuah usaha dalam menggapai tingkat keberhasilan.

Jiwa kepemimpinan pun sangat penting dalam membuat setiap pegawai dan semua orang bekerja sesuai dengan target atau pencapaian tertinggi. Seorang pemimpin dapat menjadi “solusi” atas semua permasalahan yang ada, dan menjadi panutan bagi seluruh bawahannya.





::M Nur Hasan:: Sumber:ciputraentrepreneurship::

No comments:

Post a Comment