Skip to main content

3 Nilai Utama untuk Meningkatkan Daya Saing

Dalam dunia bisnis nilai yang terkandung di dalam suatu produk juga merupakan elemen penting yang dapat meningkatkan daya saing produk yang kamu jual. Namun, sudah banyak pengusaha-pengusaha yang mengalami pergeseran pengertian nilai dari suatu produk, seperti halnya kualitas. Nilai suatu produk tidak lagi dapat ditentukan dari kualitas yang baik maupun harga yang murah saja. Tetapi juga ditentukan oleh sederetan faktor penentu nilai seperti, kemudahan di dalam proses pembelian yang terkait dengan ketersediaan barang dari suatu produk tersebut.

Berikut ini merupakan 3 macam nilai utama yang harus bisa dipenuhi oleh produsen dalam meningkatkan daya saing produknya tersebut :

– Operational Excellence

Operational Excellence adalah merupakan suatu nilai dimana produsen harus selalu menjaga efisiensi dan meningkatkan kualitas dari system atau proses penghasil produk maupun system pelayanan yang diberikan untuk dapat lebih memuaskan konsumen.

– Customer Intimacy

Dalam hal ini merupakan suatu nilai dimana produsen harus dapat bisa memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen terhadap suatu produk yang di pasarkan. Suatu produk atau jasa yang baik tidak hanya sekedar dapat memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dasar dari konsumen, tapi sebaiknya juga dapat memenuhi apa yang menjadi kebutuhan yang mendalam (deeply need) dari konsumen.

– Product Leadership

Product Leadership adalah merupakan nilai-nilai yang harus di anut oleh setiap produsen dengan mendasarkan pada keunggulan-keunggulan untuk terus menerus melakukan inovasi pada produk maupun jasa yang dihasilkan, sehingga produk tersebut dapat menjadi leader dalam industrinya.

Dalam nilai semacam ini sangatlah dibutuhkan sebuah kreatifitas yang sangat tinggi, serta kecepatan dalam membaca kebutuhan pasar, terutama kebutuhan yang terselubung agar dapat meraih keunggulan. Namun penerapan nilai ini juga harus tetap dapat memenuhi tuntutan dari nilai Customer Intimacy, sehingga inovasi yang dilakukan selalu dapat sesuai dengan kebutuhan dan harapan konsumen.

Semoga dari beberapa tips di atas dapat membantu kamu dalam menjalankan maupun mengembangkan bisnis kamu, agar usaha yang kamu jalani dapat lebih berkembang dan dapat menjadi leader di masyarakat. Semoga Sukses!

::Pirmansyah::Sumber:Dikutip dari buku Strategi Meningkatkan Daya Saing::

Leave a Reply