Skip to main content

3 Tips Berpikir Kritis

Berpikir kritis terhadap suatu kondisi/ isu sangat perlu dimiliki oleh setiap orang, setidaknya setelah menelaah suatu kondisi tidak serta merta menelan mentah mentah kondisi tersebut. Apalagi jika kondisi itu tidak sesuai dengan pemikiran kita, tidak sesuai hukum dan norma yang berlaku. Tentu kita harus mengkritisi kondisi tersebut.

Sayangnya banyak orang yang acuh saja karena tidak terbiasa dengan sikap berpikir kritis, nah berikut kami berikan tips agar kita terbiasa berpikir kritis.

1. Bergabunglah Dengan Komunitas Diskusi

Dalam sebuah komunitas diskusi pasti sering mengadakan pengkajian, misal bedah buku, film atau isu isu yang sedang terjadi. Kegiatan seperti ini menuntut kita untuk ikut berpikir kritis terhadap materi yang sedang dikaji. Tentu saja ini menjadi peran penting untuk membantu meningkatkan cara berpikir kritis kita.

Jadi, mulailah cari komunitas diskusi dan bergabunglah. Ini salah satu pilihan yang tepat untuk mengembangkan nalar kritis kita.

2. Jangan Menelan Mentah-mentah Sebuah Informasi

Menerima informasi dan menelannya mentah mentah tanpa menyaringnya bisa berakibat fatal, apalagi banyak sekali hoax yang beredar, entah itu melalui sosial media, bahkan melalui media elektrinik yang menyebarkan isu tidak benar.

So, carilah informasi pendukung lainnya dari berbagai sumber yang bisa dipercaya sehingga kita tidak mudah dibodohi oleh sebuah informasi. Dengan begitu nalar kritis kita akan semakin terlatih.

3. Jangan Malu Bertanya

Pasti tidak asing lagi dengan pepatah “Malu bertanya sesat di jalan” kan? nah jangan malu bertanya untuk sesuatu hal yang baik, bertanyalah pada orang di sekelilingmu. Ajak ngobrol orang yang ada di sekitarmu, bila perlu diskusikan tentang kebenaran asumsi yang ada pada dirimu. Dengan begitu otak kamu akan bekerja lebih aktif.

Nah, semoga 3 tips itu bisa membantu untuk melatih kita agar lebih berpikir kritis dalam situasi apapun.

Leave a Reply