Skip to main content

4 Kiat Memilih Bisnis Waralaba (Franchise)

Mempunyai usaha sendiri merupakan sebuah impian dari kebanyakan orang. Bagaimana tidak, dengan memilikinya sendiri itu

berarti berhasil tidaknya suatu usaha tersebut ditentukan oleh diri sendiri yang menjalankannya. Memulai sebuah usaha, tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak tantangan dan ancaman yang akan dihadapi ketika memulainya. Namun hal itu bukanlah yang harus ditakuti, melainkan harus dihadapi. Sebagai pengusaha, seseorang yang terjun didalamnya sadar akan risiko yang dihadapinya dalam membuka usaha.

Sadar akan risiko yang dihadapi, kebanyakan orang menjadi takut ketika ingin memulai usaha baru. Sehingga memilih usaha kecil yang tidak mengeluarkan modal besar. Hingga baru-baru ini muncullah berbagai bisnis waralaba/ franchise di kalangan masyarakat. Bisnis ini menjadi idola karena pelakunya hanya tinggal menjalankannya saja, tanpa membangun dari awal. Sehingga tidak dibutuhkan modal yang besar untuk bergabung.

Pada dasarnya bisnis waralaba atau lebih dikenal dengan sebutan franchise adalah salah satu bentuk bisnis yang banyak dilirik oleh para pengusaha saat ini. Baik pemula ataupun pebisnis yang sudah berpengalaman sekalipun. Konsep yang diterapkan oleh bisnis waralaba ini memudahkan bagi anggotanya. Hal itu dikarenakan seseorang yang memiliki modal yang telah ditentukan, dapat dengan mudah melakukannya meski dirinya belum berpengalaman. 

Ketika membeli bisnis waralaba, tentu semua orang memilih waralaba dengan merek yang telah akrab ditelinga masyarakat luas. Hal itu lebih meningkatkan potensi usaha kamu. Tentu dengan merek yang terkenal, harga ketika hendak membeli bisnis waralaba tersebut juga lebih mahal. Potensi bisnis waralaba sangat menguntungkan untuk jangka waktu yang lama. Namun begitu perlu diperhatikan juga bahwa tidak semua jenis usaha waralaba cocok dijalankan oleh setiap orang.

Untuk memilih bisnis waralaba yang cocok dengan kamu, berikut 4 kiat yang harus kamu lakukan:

1. Tentukan minat

Point ini menyarankan kamu agar memilih bisnis waralaba yang kamu minati. Tentu dengan jenis yang diminati, kamu pun merasa sejalan dengan usaha yang akan dijalankan.

2. Pilih Salah Satu

Pilihlah salah satu jenis bisnis waralaba yang ingin dijalankan. Setelah proses di nomor sebelumnya, tentukan hanya satu jenis yang akan kamu ambil. Hal itu bertujuan agar bisa lebih fokus mempelajari hal yang diminati ketika membuka bisnis waralaba. Misal memilih satu jenis waralaba makanan, ambil tiga merek terkenal untuk bahan perbandingan.

3. Kenali Sistem

Mengenai perbedaan sistem yang ditawarkan oleh ketiga merek tersebut, coba mempelajarinya satu per satu. Setelah itu, bandingkan dengan seksama dari sistem yang ditawarkannya.

4. Cari Informasi

Untuk memilih waralaba yang tepat, sehingga bisa membawa kamu kepada kesuksesan cari informasi sebanyak-banyaknya pada franchisor. Berikan pertanyaan sedetail mungkin untuk memeroleh banyak data mengenai bisnis waralaba yang kamu minati. Bila perlu, minta izin untuk bertemu dengan franchise pertama untuk mencari tahu pengalaman bisnisnya.

Setelah ketiganya telah kamu teliti, keunikan apa yang ditonjolkan dari ketiga merek bisnis waralaba tersebut. Pilih yang menurut kamu memiliki prospek yang besar ke depannnya. Semoga bermanfaat untuk kamu. 

::M Hasan:: dari berbagai sumber::

Leave a Reply