Skip to main content

5 Faktor Pendukung Keberhasilan Wirausaha

Masuk ke dunia bisnis dengan berwirausaha tidak cukup hanya dengan modal keberanian dan dukungan financial yang kuat. Memang kedua hal tersebut merupakan salah satu modal utama dalam dunia wirausaha. Namun perlu diingat juga bahwa kedua hal tersebut bukan merupakan satu โ€“ satunya hal yang menentukan keberhasilan seseorang dalam dunia wirausaha.

Almarhum Bob Sadino adalah salah satu tokoh yang kerap diceritakan memulai bisnis dri nol. Pebisnis yang dikenal karena gaya nyentriknya yang suka bercelana pendek dalam bebagai acara ini, memulai kisahnya suksesnya dari enam butir telur ayam kampung. Dari enam butir ayam kampung yang dijajakan dari rumah ke rumah inilah, kemudian menjadi modal awal keberhasilan mendirikan kerajaan bisnis di Indonesia.


Beberapa pertimbangan yang diperlukan seseorang dalam memilih wirausaha yang akan digeluti di antaranya adalah :

1. Faktor Pasar

Faktor pasar ini adalah peluang dan ketersediaan pasar. Apakah usaha yang akan dijalankan bisa diterima oleh pasar atau tidak. Selain itu, perlu juga dipertimbangkan mengenai bagaimanakah selera pasar terhadap produk produk sejenis yang sudah ada, Sehingga kita bisa menciptakan produk yang berbeda dari produk yang sudah ada sebelumnya. Tentunya dengan melakukan perubahan pada produk usaha yang kamu jalankan itu agar mampu mengikuti selera pasar dan bisa diterima oleh konsumen.

2. Faktor Persaingan

Memilih membuka usaha, artinya kamu sudah harus siap dalam menghadapi persaingan. Karena menjalankan usaha memiliki risiko tinggi terhadap kegagalan. Meskipun demikian, tidak berarti bahwa setiap bisnis yang banyak persaingannya tidak layak untuk dipilih.

Jika produk kamu bisa memberikan kompetensi atau keunggulan daripada produk yang diciptakan oleh pesaing, bukan tidak mungkin kamulah yang akan menjadi pemenang dalam proses persaingan bisnis tersebut.

3. Faktor Permodalan

Tiga jenis permodalan yang bisa ditempuh dalam sebuah bisnis. Pertama (1),  modal yang sepenuhnya berasal dari dana pribadi. Kedua (2), modal yang berasal dari gabungan antara dua pihak atau lebih. Ketiga (3), modal yang sepenuhnya berasal dari pihal luar.

Bagaimana menentukannya? untuk menentukan permodalan mana yang dipilih, salah satunya dengan mengambil resiko dari sebuah bisnis yang akan dijalankan, maka sebaiknya semakin kecil modal sendiri yang ditanamkan. Dengan demikian, kita akan meminimalisir tingkat resiko yang kita dapatkan.

4. Faktor Produksi

Segala hal yang berkaitan dengan komponen merupakan faktor produksi yang dimaksud. Yaitu pendukung wirausaha yang dijalankan. Salah satu diantaranya adalah bahan baku, kita tidak perlu berbagi keuntungan dengan pihak lain. 

5. Kreatif

Kunci penting dalam mencapai keberhasilan di bidang wirausaha salah satunya adalah kreativitas. Tanpa sebuah kreativitas yang tinggi, maka bisajadi hanya menjadi sebuah bisnis yang terbawa arus saja tanpa pernah mampu memiliki karakter sendiri.

Sering kita baca kisah-kisah para pengusaha sukses selalu saja diwarnai dengan imajinasi mereka yang menciptakan sesuatu hal yang baru yang pada akhirnya menjadi sebuah usaha baru yang tren di tengah masyarakat. Selain itu proses kreatif bisa digali dengan cara memupuk keberanian untuk mewujudkan semua pemikiran yang ada di otak kita.
Tanpa keberanian, semua ide dan gagasan yang mungkin sebenarnya brilian hanya akan tersimpan dalam otak kita saja. Ini adalah masalah klasik yang banyak dihadapi oleh para wirausahawan kita sekarang ini.

::Sumber: Majalah Mesin Bisnis::

Leave a Reply