Skip to main content

5 Penyebab Bisnis Tidak Berkembang

Seorang pengusaha haruslah melakukan perencanaan yang matang sebelum memulai dan menjalankan sebuah bisnis. Perencanaan yang matang dibuat supaya ketika nantinya sebuah bisnis telah berjalan, pelakunya telah mengetahui strategi apa yang tepat untuk digunakan. Bahkan dengan perencanaan matang itu, pengusaha dapat dengan mudah mensiasati problem ketika menghadapi masalah.

Sayangnya, pada kenyataannya banyak pelaku bisnis yang memulai usahanya hanya dengan bermodalkan nekat saja, padahal perencanaan dalam sebuah bisnis sangat penting. Banyak yang berfikir yang penting memulainya terlebih dahulu dan mengesampingkan perencanaan yang bisa dibuat ketika bisnis telah berjalan. Padahal sebuah perencanaan yang matang bertujuan untuk menghindari bisnis yang tidak berkembang dan bahkan sampai berenti karena bangkrut.

Selain perencanaan, berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan bisnis tidak berkembang, bahkan berakhir dengan dengan kegagalan.

1. Tidak Berinovasi

Bisnis yang tidak melakukan Inovasi adalah bisnis yang jalan ditempat. Inovasi bisa berupa produk varian produk baru, ada rasa baru, ada paket baru. Inovasi lain bisa dilakukan dalam hal pelayanan kepada konsumen yang semakin baik, inovasi dalam melakukan berpromosi, dan lain sebagainya.

2. Tidak Punya Tim

Bisnis yang berkembang menjadi besar salah satunya karena memiliki tim. Pada dasarnya kita tidak bisa mengerjakan segala sesuatu sendiri. Maka, bangunlah sebuah tim yang bisa dipercaya untuk membantu menjalankan bisnis yang dijalankan.

3. Keuangan

Mengatur keuangan tentu menjadi hal yang sangat penting, misal buatlah laporan keuangan, catat semua uang yang masuk & keluar, jangan boros, jangan menggabungkan rekening pribadi & rekening bisnis. Tanpa pengaturan keuangan semua akan berjalan semakin rumit.

4. Tidak Fokus

Seorang pemula biasanya memiliki keinginan langsung punya banyak bisnis, inginnya semua bisnis dikerjakan. Padahal ini tidak tepat, sebaiknya fokus pada salah satu bisnis terlebih dahulu hingga benar benar sukses dan berjalan. Ketika tidak fokus karena mengerjakan banyak bisnis, justru akan menjadikan bisnis berjalan tidak maksimal. Boleh boleh saja jika ingin membuat bisnis lain, dengan catatan jika bisnis pertama sudah sukses & stabil.

5. Buta Ilmu Marketing

Banyak pebisnis yang hanya asal dalam dalam berbisnis, asal jualan saja tidak pakai strategi. Padahal salah satu hal penting dalam bisnis adalah strategi pemasaran (marketing), tanpa ini produk kita akan sulit laku di pasaran.

::M Nur Hasan:: Sumber: makarame.com

Leave a Reply