Skip to main content

5 Trik Menjaring Pelanggan Baru

Kunci sukses sebuah bisnis terletak dari mana kamu mampu menjaring konsumen supaya bertahan lama menjadi pelanggan. Bagaimanakah caranya supaya sebuah usaha bisa menjaring konsumennya? Menemukan pelanggan menjadi sesuatu yang menantang bagi seluruh lini bisnis.

Di bawah ini ada 5 trik yang dapat kamu lakukan untuk menjaring pelanggan atau konsumen baru.

1. Gunakan social media terbaru

P erkembangan zaman yang berlalu dengan begitu cepat, termasuk dalam hal social media membuat para pelaku bisnis harus selalu kreatif  dan aktif. Jika kamu sudah membuat account Facebook, Twitter, Instagram, mulailah melirik Pinterst atau LinkedIn untuk mencari pelanggan baru. Namun, ingat awali dengan hubungan pertemanan bukan langsung ke penjualan. 

2. Networking di dunia nyata

Meskipun menjaring konsumen bisa dilakukan hanya melalui social media, ternyata bertatap muka secara langsung menjadi hal yang juga diinginkan oleh para konsumen. Ketika percaya akan suatu produk, mereka ingin bisa bertemu bahkan berkenalan dengan si pemilik. Maka dari itu, menjalin sebuah networking di dunia nyata juga sangat dibutuhkan supaya konsumen aware dengan produk kamu.
Sebagai pengusaha, biasakan untuk datang ke berbagai acara. Di sana kamu akan bertemu banyak orang, berkenalanlah dan jalin networking baru, siapa tahu bisa menjadi pelanggan bisnis kamu. 

3. Taktik marketing lain

Sudahkah kamu mencatat database pelanggan? Jika belum, kamu harus mulai melakukannya! Untuk mendapatkan database pelanggan baru, kamu bisa membuat video gratis atau artikel yang bisa diunduh jika memberikan email terlebih dahulu. Sebar video atau artikel di social media yang dimiliki oleh perusahaan kamu.
Dengan adanya database berupa email atau nomor telepon, kamu bisa mempromosikan produk terbaru yang kamu miliki. Semakin sering kamu aktif menawarkan, semakin besar pula peluang produk diketahui oleh orang banyak.

4. Adakan seminar gratis

Jika kamu merasa cukup memiliki ilmu dan pengalaman tentang bisnis, tidak ada salahnya berbagi secara gratis melalui seminar. Banyak orang yang ingin mencoba berbisnis namun tidak tahu bagaimana cara memulainya.
Jangan jadikan mereka sebagai saingan, anggaplah mereka menjadi salah satu peluang pelanggan yang bisa mengenalkan brand kamu lebih luas lagi. Di akhir sesi seminar, kamu bisa menyelipkan tentang produk bisnis atau bagaimana menggunakan jasa kamu dengan penawaran spesial.

5. Promosi menggunakan website

Kamu sudah memiliki database pelanggan? sebaiknya buatlah promosi spesial untuk mereka. Hal tersebut merupakan cara untuk mempertahankan pelanggan. Buat promo yang hanya bisa digunakan untuk mereka yang memiliki kode khusus dari website kamu. Dengan begitu trafik pengunjung website akan bertambah dan pasti akan sejalan berpengaruh ke trafik penjualan produk kamu.

::Herti A/ berbagai sumber::

Leave a Reply