Skip to main content

7 Kiat Membangun Sinergi Bisnis dengan Pasangan

Membangun sinergi bisnis yang kuat bersama pasangan hidup tidaklah semudah yang kita bayangkan. Tetapi bagi kamu yang saat ini tengah merintis bisnis bersama pasangan hidup maka menjadi suatu keharusan bagi kamu berdua untuk memiliki sinergi yang sama. Sebab mengelola bisnis tidak sama dengan mengelola urusan rumah tangga.

Dalam kegiatan bisnis pasti akan terjadi masalah, maka mau tidak mau kamu harus berhadapan dengan pasangan hidup kamu. Karena itu, camkan agar setiap kali terjadi masalah dalam urusan bisnis ataupun rumah tangga jangan dicampuradukkan.

Di bawah ini 7 kiat yang wajib diketahui, antara lain:

1. Jika kamu dan pasangan sudah yakin ingin mengelola bisnis bersama-sama, maka kamu berdua harus dapat menjaga hubungan komunikasi dan kedekatan dengan anak-anak. Jangan sampai bisnis yang dikelola sukses tetapi anak-anak menjadi terlantar dan tidak mendapatkan perhatian serta kasih saying dari kedua orang tuanya yang sibuk mengurusi bisnis saja.

2. Di tempat usaha, pasangan hidup kamu—bukan lagi berkedudukan sebagai “suami istri”. Tetapi menjadi “partner bisnis” yang mesti kamu hormati satu sama lainnya. Banyak dijumpai bisnis yang dijalankan bersama pasangan terjungkal karena masing-masing pasangan masih membawa emosi dan perasaan terhadap pasangannya. Akibatnya, saat terjadi masalah dalam urusan bisnis—dengan mudah memecah belah keutuhan perkawinan, dan berujung pada perceraian.

3. Penting bagi pasangan agar dapat membangun sinergi yang kuat, sehingga bisnis yang dikelola dapat berjalan dengan baik dan kedua pasangan dapat saling melengkapi kemampuan diri mereka masing-masing juga saling menghargai. Dengan cara ini, kedua pasangan mampu bersikap dan berprasangka baik terhadap pasangan hidup yang sekaligus menjadi partner bisnisnya.

4. Harus saling mengenal kualitas diri masing-masing (mengenali kemampuan, keahlian dan kepribadian pasangannya). Dengan begitu kamu berdua dapat saling mengenal seperti apa sosok pasangan hidup yang menjadi partner bisnis kamu tersebut. Kenali apakah pasangan kamu orang yang takut menghadapi masalah atau rintangan dalam masalah bisnis? Apakah pasangan kamu orang yang malas bekerja? Atau tidak mengerti jalankan kegiatan bisnis? Bisa saja pasangan kamu tidak menyukai atau tidak memahami lingkup pengelolaan bisnis yang dilakukan tersebut.

5. Usahakan bisnis yang kamu pilih sejalan dengan minat kamu berdua. Karena tidak sejalan dengan minat salah satu pasangan hal itu akan membuat bisnis kamu terpincang-pincang kalau akhirnya dilakukan seorang diri.

6. Tumbuhkan rasa saling percaya di antara kamu berdua. Karena kepercayaan adalah kunci sukses utama dalam meraih keberhasilan dalam menjalankan bisnis bersama pasangan. Jika tidak ada rasa saling percaya, sulit dipastikan bisnis yang dikelola dapat berjalan dengan sukses.

7. Hilangkan pikiran untuk saling mengalahkan dan merasa diri paling unggul. Sebab jika kamu dan pasangan mengelola bisnis bersama pasangan—maka kamu dapat menggunakan kelebihan yang dimiliki dan saling melengkapi kekurangan yang ada dalam diri kamu berdua.

Dari 7 kiat di atas penting kamu ingat bahwa bisnis yang kamu kelola adalah milik kamu berdua, jadi gagal atau suksesnya bisnis sangat tergantung pada sikap kamu berdua.

::Eni S::

Leave a Reply