Skip to main content

8 Strategi Bisnis Pengusaha Sukses

Memiliki strategi bisnis untuk usaha yang hendak dijalankan menjadi hal yang sangat penting. Sebab setidaknya kamu harus tahu bakal dibawa kemana usaha yang kamu yang akan dirintis itu. Dengan memiliki strategi, kamu minimal sudah menyiapkan “plan for the worst, hope for the best” bersiap menghadapi kondisi terburuk, dan berharap menghasilkan yang terbaik.

Apabila kamu masih bingung dengan strategi yang akan kamu pilih, ada beberapa solusi strategi bisnis yang bisa diterapkan, yaitu:

1. Pemilihan Lokasi Yang Strategis

Dalam usaha pemilihan lokasi memang penting, terutama jika usaha kamu merupakan usaha yang langsung kekonsumen, tidak menggunakan perantara lain. Lokasi yang strategis memudahkan kamu untuk mengenalkan atau mempromosikan produk kamu serta akan mudah untuk dikunjungi. Kemungkinan akan dilihat konsumen dan konsumen tertarik akan lebih besar.

2. Nama Brand untuk Identitas

Nama brand sangat diperlukan sebagai identitas usaha dan produk kamu untuk membedakan usaha kamu dengan milik orang lain, semakin dikenal nama brand kamu maka semakin baik untuk penjualan, namun tentunya nama brand kamu dikenal karena kualitasnya yang baik, jika tidak tentu itu sebuah kerugian. Nama brand merupakan lambang sebuah kepercayaan dari kualitas produk kamu. Buatlah nama brand yang unik namun mudah diingat sehingga konsumen menawarkan penawaran yang menarik, memantau tren pasar, dan perkembangan pesaing kamu yang dapat memungkinkan kamu bisa terus selaras dengan kebutuhan konsumen dan tidak akan lupa dengan nama produk kamu.

3. Penawaran Yang Menarik (Promosi)

Karena usaha kamu baru mulai, maka kamu perlu melakukan promosi dan penawaran yang menarik untuk mendapatkan konsumen, misalnya dengan memasang sepanduk, atau menyebarkan selebaran merupakan cara yang paling hemat, kamu juga bisa mempromosikan di media elektronik seperti radio. Dan pada zaman sekarang ini pemasaran melalui media sosial tentu menjadi alat yang sangat penting juga.

4. Dapatkan Pelanggan / Pelayanan Yang Optimal

Pelanggan atau konsumen tetap dibutuhkan untuk menjaga kelangsungan usaha kamu, maka penting sekali kamu melakukan komunikasi yang baik kepada konsumen dengan memberikan pelayanan yang optimal, memberikan potongan harga ataupun kartu member penting untuk mempertahankan konsumen agar tidak pindah ke produk lain ataupun saingan kamu. Menjaga citra diri kamu pun perlu dilakukan, jangan sampai citra diri kamu jelek yang berimbas pada citra produk atau usaha kamu yang berakibat konsumen menjadi antipati kepada kamu.

5. Diversifikasi Bisnis

Strategi bisnis poin ke 5 ini tidak direkomendasikan bagi kamu yang baru memulai bisnis, disarankan lebih baik fokus terlebih dahulu pada bisnis yang sedang kamu bangun. Mengapa? Sebab strategi ini tergolong berisiko tinggi. Melakukan diversifikasi bisnis, berarti kamu berinovasi membangun sebuah produk baru untuk dilempar ke pasar (yang mungkin juga baru). Jika tidak dibarengi dengan kesiapan dan planning yang baik, melakukan diversifikasi dapat menggoyahkan bisnis kamu.

6. Strategi menyerang

Strategi bisnis ini biasanya dijalankan untuk memperbesar tingkat penguasaan pasar. Pada strategi ini. biasanya promo besar-besaran dengan segala macam taktiknya dijalankan. Salah satu contohnya yaitu menghadirkan program yang menarik bagi konsumen, seperti; Buy 1 Get 1, ataupun kamu bisa melakukan diskon/pemotongan harga untuk produk yang kamu jual.

7. Mengembangkan pasar

Strategi yang ini relatif lebih kalem. Karena dengan produk yang selama ini ada, pebisnis akan berupaya untuk mengeksplorasi pasar yang selama ini digarapnya agar bisa lebih maksimal. Strategi ini perlu kejelian dalam melihat pasar agar tidak salah sasaran.

8. Mengembangkan produk

Kebalikan dengan strategi bisnis mengembangkan pasar, strategi ini melempar sebuah produk baru pada pasar yang selama ini digarap. Kelebihan strategi bisnis ini adalah karena pasarnya telah dikenali, sedangkan tantangannya adalah bagaimana membuat produk baru tersebut bisa diterima oleh pasar yang sudah dimiliki.

Semoga dari beberapa tip strategi bisnis di atas dapat membantu kamu untuk meningkatkan produktifitas bisnis kamu ya.

Leave a Reply