Skip to main content

9 Cara dan Strategi Dasar Menjalankan Bisnis Online

Online, Internet.! Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya internet, seiring dengan pesatnya perkembangan jaman di era globalisasi ini tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Internet sebagai media online.

Selain sebagai media hiburan, internet juga merupakan media untuk mencari berbagai informasi yang berasal dari seluruh dunia, mulai dari bisnis, berita, animasi sampai media sosial seperti facebook, instagram atau twitter. 

Oleh sebab itu banyak sekali para pengusaha yang memanfaatkan media internet ini untuk menjalankan usaha mereka, yang bertujuan supaya usaha mereka dapat dikenal dan bersebar luas di masyarakat.

Berbisnis online baik itu hanya berjualan secara online, atau menjadi publisher online dan lain sebagainya, pasti diperlukan strategi khusus. Berikut, beberapa langkah mudah supaya usaha kamu di Internet semakin maju.

1. Perdalam Skill dan Pengetahuan

Karena kamu akan menjalani bisnis usaha di dunia online, ada baiknya untuk menambah pengetahuan dalam menjalankan fungsi-fungsi internet. Ikutilah berbagai workshop baik offline maupun online, hal ini akan meningkatkan skill kamu di internet belajarlah minimal untuk membuat akun di marketplace hingga membuat website/ blog.

2. Fokus Pada kekuatan kamu

Jika kamu adalah suplier/produsen dari produk fokuslah untuk mencari reseller atau mereka yang memiliki situs/ komunitas yang bisa menjadi jalur distribusi produk kamu di internet, kamu tidak susah susah untuk membuat web e-commerce, contohnya kamu bisa bekerja sama dengan website evoucher.co.id ini, sebagai pemilik bisnis kamu cukup melisting produk kamu di evoucher, lalu evoucher yang akan menjual produk/jasa kamu di internet dan kamu cukup memberikan penawaran terbaik saja maka customer akan datang kepada kamu.

3. Kunjungi komunitas dunia maya

Ada banyak sekali komunitas dunia maya yang tersebar, seperti perkumpulan pecinta perhiasan, penghobi kerajinan kayu, penghobi makanan, dan lain-lainnya. Carilah yang sekiranya cocok dengan jenis usaha kamu. Setelah itu, lakukan promosi. Tidak perlu malu-malu, kamu harus mau untuk memasarkan produk.

Semakin banyak yang mengenal usaha kamu, semakin pula kemungkinan mendapatkan pembeli. Jalinlah komunikasi yang baik dengan orang-orang yang kamu temui di dunia maya tersebut sehingga tercipta kepercayaan. Ada satu hal yang mesti diingat saat berpromosi, ikutilah aturan-aturan yang berlaku dalam komunitas tersebut. Jika sekali saja melanggar, kamu bisa kena penalti.

4. Kunjungi dan Ikuti Komunitas Offline Dunia Maya

Jika sudah mengikuti komunitas secara online, jangan ragu untuk mengikuti juga Kopdar atau meet-up yang diadakan oleh mereka, dengan mengikuti kopi darat atau ngumpul ngumpul secara offline kamu akan mendapatkan relasi baru dan wawasan yang lebih luas.

5. Rajin Update di SocialMedia

Social media saat ini memiliki peranan penting dalam bisnis, usahakan untuk selalu update status baik itu lewat facebook, instagram, twitter ,  dll. 

6. Perbarui Website/ blog secara berkala

Sangat penting untuk memperbarui website/ blog. Bisa seminggu sekali atau dua minggu sekali. Jangan sampai sebulan sekali. Terlalu lama, maka calon pembeli bisa jadi tidak tertarik untuk kembali mengunjungi situs kamu. Pasalnya, pengunjung harus terus mendapatkan tawaran dan informasi terbaru dari toko kamu.

Update tidak harus dalam bentuk besar-besaran. Bisa dengan menambahkan satu jenis barang baru saja sudah cukup. Setiap ada perubahan dalam hal detail kontak, harga, pembayaran, dan jasa pengantaran barang harus diinformasikan juga dalam website.

7. Miliki cukup produk dan cicil foto barang

Tidak apa-apa bila memulai usaha dengan jumlah barang yang tidak terlalu banyak, namun pastikan bahwa jumlahnya cukup, setidaknya untuk 6 kali update. Sebaiknya kamu tidak menampilkan semua produk sekaligus. Disimpan supaya kamu bisa terus meng-update. Cicillah foto barang-barang itu sedikit demi sedikit. Di waktu senggang, carilah produk atau kreasi baru.

8. Kreatiflah dengan foto

Karena calon pembeli tidak bisa melihat langsung barang yang kamu tawarkan, siasati hal ini dengan menampilkan foto-foto produk. Calon pembeli tidak akan terpuaskan keingintahuannya atau ia malah jadi tidak tertarik karena menganggap barangnya biasa-biasa saja.

Fotolah produk dari berbagai sudut dan jarak. Sediakan versi umum dan mendetailnya supaya calon pembeli bisa mengetahui dengan pasti rupa barangnya. Hiasan yang menarik akan menambah nilai jual barang tersebut. Kualitas kamera untuk menghasilkan foto yang bagus juga berpengaruh ya.

9. Miliki nilai tambah

Kamu boleh saja menjual pakaian sama seperti pebisnis yang lain, tapi tentu usaha kamu jadi tidak ada istimewanya, kan? Kalau kamu menjual pakaian khusus berukuran besar dengan motif-motif unik yang bisa membuat pemakai terlihat superlangsing dan mengantarnya ke rumah pembeli, baru bisa dikatakan usaha kamu berbeda dari kebanyakan.

Intinya adalah temukanlah keunikan dalam setiap jenis usaha bisnis yang kamu jalankan. Pelayanan atau service kepada konsumen yang memuaskan juga bisa dijadikan nilai tambah.

::dari berbagai sumber::

Leave a Reply