Skip to main content

Bekerja Sesuai Passion adalah Karir Idaman Setiap Orang

Bekerja sesuai passion yang kita miliki menjadi hal yang sangat kita idamkan. Jika kamu diberi pertanyaan, “apa kamu menyukai pekerjaan yang sedang kamu jalani sekarang? apa kamu nyaman bekerja di tempat kerja kamu sekarang?” lalu jawaban kamu apa?

Beberapa orang telah menjawab; Ya disyukuri saja bro, namanya cari rejeki – suka atau tidak suka – nyaman atau tidak nyaman ya dijalani saja, cari pekerjaan tidak semudah yang kita bayangkan.
Itu jawaban bersyukur atau karena terlalu pasrah, apa kamu juga akan menjawab seperti itu? semoga tidak ya, jangan jadikan kata syukur sebagai tanda kamu berhenti berusaha.
Bagi kamu yang sudah bisa menjawab dengan kalimat “suka atau bahkan suka banget dengan kerjaan kamu sekarang” mungkin itu tandanya kamu telah memiliki sebuah pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu.

Bagi kamu yang masih bekerja ditempat yang tidak sesuai dengan passion kamu, jangan berhenti berusaha untuk mencari rejeki dengan jalan yang beriringan dengan passion kamu. Kalaupun kamu harus tetap bekerja dengan karir kamu yang tidak sesuai dengan passion kamu, mungkin kamu bisa mengakalinya dengan menjadi freelancer dan memiliki side job yang sesuai dengan passion kamu supaya skills yang kamu miliki dan kamu sukai di bidangmu tetap terjaga dalam diri kamu.

Baca: 8 Situs Kerja Freelance Untuk Kamu yang Butuh Penghasilan Tambahan

ilustrasi image:flickr.com hydropeek

Memang tidak ada salahnya bekerja di tempat yang mendukung passion kamu, tapi mungkin sebaiknya kamu perlu tahu keuntungan dan betapa asyiknya jika kamu bekerja sesuai dengan passion kamu.

1. Menyenangkan dan Kamu menjadi diri kamu sendiri

Apa passion dan bidang yang kamu sukai? olahraga, art, public speaking, dll, jika kamu bisa bekerja sesuai dengan passion yang kamu miliki, kamu akan tetap menjadi diri kamu sendiri dalam bekerja. kamu akan dengan senang hati melakukan setiap tanggungjawab kamu karena yang kamu lakukan adalah hal yang kamu senangi.

Kamu memiliki passion dalam bisang art, maka ketika kamu bekerja di bidang art kamu akan bersungguh sungguh dalam mengerjakan tugasmu. Karena Art telah melekat dan menyatu dengan kamu. Sungguh menyenangkan bukan.

2. Lebih kreatif dan inovatif

Bekerja sesuai passion akan memberikan kenyamanan untuk kamu, kamu bekerja dengan rasa suka dan hampir tanpa beban, maka secara otomatis otakmu akan lebih mudah untuk berpikir kreatif sehingga mudah menghasilkan inovasi-inovasi.

Bandingkan jika kamu bekerja di tempat yang tidak sesuai dengan passion kamu, hanya dikejar deadline laporan saja mungkin kamu sudah tertekan dan akhirnya stress, lalu bagaimana bisa berpikir lebih kreatif.

3. Semesta mendukung kamu

Secara tak sadar jika kamu mengerjakan sesuatu sesuai dengan passion, maka kamu akan memiliki energi yang lebih kuat untuk menyelesaikannya. Semesta akan mendukung kamu menyelesaikan tugas dan tanggungjawabmu karena kamu bersungguh-sungguh dan menikati pekerjaan kamu.

Bantuan ketika kamu mendapatkan ganjalan dalam pekerjaan akan lebih mudah datang karena kamu memiliki wawasan dan relasi yang lebih luas sesuai dengan bidang kamu, hal ini tentu menjadi keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Siapa yang tidak mengidamkan hal-hal tersebut melekat pada diri, bekerja sesuai dengan passion dan memiliki karir yang menyenangkan.

Tapi, lagi-lagi jika saat ini kamu memang belum memiliki pekerjaan atau profesi yang sesuai dengan bidang kamu. Jangan terterburu-burung untuk langsung resign dan moving ke pekerjaan yang lain. Mulailah dari hal-hal kecil yang mengarahkan kamu tetap pada passion kamu, jika sudah menjadi sesuatu yang besar, mulailah fokus pada hal tersebut yang sesuai dan mendukung passion kamu.

Leave a Reply