Skip to main content

Cara Mengendalikan Emosi Saat Kerja

Emosi-emosi positif seperti seperti kegembiraan, sukacita, rasa syukur, sampai dengan emosi-emosi negatif seperti takut, marah, sedih, tertekan pasti seringkali dirasakan saat bekerja maupun berbisnis.

Berbagai tekanan kerja membuat emosi negatif muncul begitu saja. Untuk itu diperlukan sebuah manajemen emosi yang baik agar profesionalisme kita tetap terjaga.


Check this out, berikut ini Bisnispro berikan tips / Cara Bagaimana Mengendalikan Emosi Negatif Yang Muncul Ketika Bekerja;

1. Merasa Takut

Berhentilah sejenak untu melihat situasi secara objektif. Apakah kondisi ini benar benar mempertaruhkan bisnis atau karir kamu? Jika tidak, mungkin mungkin itu hanya perasaan gugup dan kurang percaya diri.

Jika kamu dihadapkan pada situasi yang serius, yakinkan diri bahwa kamu dapat menyelesaikan setiap masalah yang kamu hadapi. Lakukan hal hal yang bisa menjernihkan pikiran, keluar sejenak untuk minum teh misalnya, dan pastikan saat kembali kamu sudah siap dengan situasi yang dihadapi.

2. Merasa Marah

Tarik nafas panjang perlahan dan hembuskan untuk menjernihkan pikiran. Jika anda sedang dalam posisi berdiri cobalah untuk duduk, jika anda dalam posisi duduk cobalah berbaring. Menjauhlah dari situasi yang menyulut amarah. Keluar untuk minum teh, dan selidiki alasan kenapa kamu marah. Jika sudah tenang barulah kamu bisa kembali.

Ingat! api tidak bisa dipadamkan dengan api. Situasi yang membuat kamu marah lebih baik dihadapi dengan tenang dan pikiran yang jernih.

3. Merasa Frustasi

Frustasi biasanya muncul ketika kamu merasa bahwa hasil kerja dan jerih payah kamu tidak sesuai dengan harapan. Apalagi jika itu sudah berulang ulang dilakukan dan hasilnya tetap sama.
Kamu harus menilik kembali planning, cara dan perilaku kamu. Coba pikirkan kembali apakah kamu benar benar sudah melakukannya dengan cara yang terbaik. Jika kamu sudah menggunakan cara yang terbaik dan tepat maka memang kamu sedang dituntut kesabarannya. Tapi jika ternyata cara yang kamu lakukan belum yang terbaik maka kamu perlu mengubah planning kamu.

4. Merasa Stress

Kamu terus dituntut dan ditekan untuk berbuat banyak dan terbaik bagi pekerjaan kamu, hingga itu sangat menyita energi dan waktu kamu. Deadline semakin membuat kisruh suasana. Oleh karena itu timbullah rasa stres yang luar biasa.
Untuk menghindari dan mencegah terjadinya stres, kamu harus mulai memanaj prioritas kerjaan kamu, mana yang paling penting dan harus lebih dulu diselesaikan. Meskipun seringkali kondisi yang tak terduga akan tetap ada.
Cara lain untuk mengurangi stres misalnya dengan hengout bareng keluarga atau teman untuk refresshing, karaoke, pergi jalan jalan ke mall, atau sekedar ngopi santai di cafe.
Semoga membantu dan bermanfaat ! ๐Ÿ™‚

Leave a Reply