Skip to main content

Cetak Prestasi dengan Percaya Pada Diri Kamu Sendiri

Namanya Bastian, lahir di Singapura tahun 1995. Hobbynya renang sejak kecil. Waktu dia berumur 13 tahun, dia sempat bertemu dengan Michael Phelps yang waktu itu sudah menjadi juara dunia renang. Bastian berfoto dengan Michael dan menjadikan Michael idolanya, his role model. Pada sebuah kejuaraan Bastian bertanding renang melawan Michael. Prestasi Bastian waktu itu sangat buruk. Michael menasihatinya ,”Ini adalah proses belajar. Tetap tegakkanlah kepalamu dan teruskan usahamu” Bastian terus menerus berlatih dan bekerja keras.
Tanggal 13 Agustus 2016, di Olimpiade Rio 2016, Bastian Isaac Schooling meraih medali emas di cabang renang 100 meter gaya kupu kupu, memecahkan rekor dunia dan mengalahkan Michael Phelps, idolanya. Semua ini terjadi karena Bastian percaya pada bahwa dirinya akan mampu melakukan hal ini dan dia bekerja keras untuk mencapainya.

Namanya Alvin, kebetulan juga lahir di Singapura, dua belas tahun yang lalu. Pada saat pindah ke Jakarta dan akan pindah ke sekolah lokal, Alvin hanya punya waktu 1 tahun untuk mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional. (Kita tahu bahwa ini adalah sesuatu yang sulit dilakukan karena dia belum pernah belajar materi kurikulum SD di Indonesia). Gurunya Alvin berpesan kepada ayah dan ibu Alvin,”Please manage your expectation. Please accept whatever the result will be. It is already a great achievement to dare to take Ujian Nasional with only 1 year preparation.”
Ibunya bertanya kepada Alvin,”Are you OK? If you are not ready we will not do it”. Alvin said,”It’s ok. I think I can do it”. Dan Alvin pun belajar siang malam untuk mempersiapkan diri ke Ujian Nasional. Akhirnya Alvin berhasil lulus dengan baik, bahkan nilai Matematikanya di Unas adalah 100. That’s happen because Alvin believe in himself and he works hard to achieve itm

ilustrasi image:pixabay.com

Kita lihat kan persamaan Bastian dan Alvin ?
Dua duanya mencetak prestasi karena mereka percaya diri mereka sendiri.

That’s the power if your subconscious mind.
Seorang bijak pernah berkata,”Kalau Kamu pikir Kamu mampu, Kamu akan mampu melakukannya.
Kalau Kamu pikir Kamu tidak mampu, Kamu juga tidak akan mampu.”
It is up to what you believe!

Di situlah pentingnya rasa percaya diri. Padahal kadang kadang di Indonesia orang yang percaya diri  dianggap sombong. Akibatnya karena takut dianggap sombong, banyak yang akhirnya menjadi rendah diri. Saking takutnya sampai jadinya banyak sekali yang rendah diri. Belum apa apa sudah takut gagal atau takut kalah. Ingat rendah hati adalah karakter yang baik. Tapi rendah diri adalah minder, dan ini adalah racun yang akan menghambat Kamu mencapai prestasi Kamu.

Apa sih bedanya percaya diri dan sombong.
Orang sombong itu suka merendahkan orang lain.
Orang yang percaya diri itu adalah orang yang sangat yakin dia mampu melakukannya, tanpa merendahkan orang lain.
That’s the difference !

Jadi, bagaimana dong agar kita bisa meningkatkan rasa percaya diri kita? Coba kita terapkan langkah langkah di bawah ini

1. List your past achievement

Ingat ingat kembali daftar prestasi Kamu di masa lalu, dan saya bilang semuanya.
Catat itu. Bikin daftarnya.
Ini akan menumbuhkan rasa percaya diri Kamu.

2. Talk to the people who love you

Spend time with people who love you.
Di dunia akan selalu berkeliaran orang orang yang berpikirian negativ.  Kalau Kamu menghabiskan waktu  bersama mereka nanti Kamu juga akan ketularan berfikiran negativ (bahkan terhadap diri Kamu sendiri).
Sebaiknya Kamu berbicara dan menghabiskan waktu bersama orang orang yang positive dan Kamu sukai, sehingga virus yang akan menukar kepada Kamu adalah virus positive juga.

3. Find your passion

Kita tidak bisa menjadi sempurna dalam segala bidang.
Carilah, temukanlah bidang yang benar benar Kamu sukai.
Kemungkinan Kamu berprestasi akan lebih besar.

4. Set your goal

Canangkan tujuan Kamu. Tetapkan goal yang Kamu ingin capai.
Berusaha keras dan  bekerja keraslah untuk mencapainya.
Tidak ada resep ajaib.
Kalau Kamu ingin mencapai lebih dari yang lain, Kamu harus bekerja lebih keras daripada yang lain. TITIK.

6. Never give up

Jangan pernah menyerah. Perjuangan Kamu akan berliku liku. Banyak hambatan, tantangan, ujian, cobaan, celaan, hinaan dan ancaman. Teruslah tegar dengan apa yang ingin Kamu capai.
Dan Kamu akan mencapai tujuan Kamu.

Jadi ingat ya , untuk meningkatkan percaya diri Kamu….

1. List your past achievement
2. Talk to the people who love you
3. Find your passion
4. Set your goal
5. Reflect, evaluate and improve yourself
6. Never give up

Artikel ini dikutip dari grup chating telegram;
yang ditulis oleh: Pambudi Sunarsihanto

Leave a Reply