Skip to main content

Inilah Keuntungan Bekerja di Perusahaan Kecil

Keuntungan Bekerja di Perusahaan Kecil,~ Bisa dikatakan bahwa sebagian besar jobseeker menginginkan bekerja di perusahaan besar dan ternama. lihat saja jika ada sebuah iklan lowongan kerja dari perusahaan bertaraf nasional atau internasional, akan ada ratusan bahkan ribuan jobseeker yang melamar pekerjaan tersebut. Bukan saingan yang mudah tentunya, dari ribuan applicant tersebut bukan hanya kalangan fresh graduate yang melamar, kalangan proffesional dan masih bekerja di sebuah perusahaan pun ikut melamar, ditambah lagi hanya akan diambil beberapa kandidat yang menjadi calon karyawan.

Memiliki mimpi yang tinggi dalam berkarir di perusahaan besar memang baik, tapi bagi kamu jobseeker yang fresh graduate yang baru akan menginjak memasuki duni kerja tidak ada salahnya untuk berpikir dan mencoba berkarier melalui perusahaan kecil “sturtup” untuk meraih kesuksesan kamu dalam berkarier.

Bekerja di sebuah perusahaan besar dan ternama memang bagus dan menguntungkan, namun tidak berarti juga kamu bisa memandang remeh untuk bekerja di sebuah perusahaan kecil atau sturtup.
“Perahu yang kecil tidak selalu lebih buruk dari kapal Besar”

image: pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika bekerja di perrusahaan kecil:

1. Perusahaan kecil cenderung memiliki lingkungan kerja yang lebih kekeluargaan

Berbeda halnya dengan perusahaan besar yang memiliki banyak karyawan hingga ribuan, perusahaan kecil biasanya hanya memiliki karyawan kisaran 50-200 orang. Kondisi tersebut memungkinkan setiap karyawan dapat mengenal dan berinteraksi dengan seluruh karyawan, mulai dari divisi yang sama hingga yang berbeda divisi, bahkan dengan level posisi yang berbeda. Kamu bisa lebih mengenal karakter masing-masing orang dalam perusahaan.
Lingkungan kerja seperti ini lebih memberikan kenyamanan dalam bekerja, kamu tidak merasa bekerja sendirian. berbeda dengan jika bekerja di perusahaan besar, dengan kantor yang besar dan banyaknya karyawan kamu hanya memiliki sedikit kemungkinan untuk saling mengenal dengan semua karyawan di dalamnya.
Bekerja di perusahaan kecil biasanya akan dipertemukan dengan orang-orang kreatif yang bekerja sesuai dengan passion mereka, Hal ini akan menumbuhkan semangat bagi masing masing individu untuk tumbuh dalam kerja yang penuh inofasi dan kreasi, saling mengisi dan membantu satu dengan yang lainnya.

2. Pencapaian Kerjamu akan lebih terlihat dan mendapat apresiasi

Bekerja di perusahaan kecil akan memberikan kesempatan bagi kamu untuk memberikan kontribusi dan mengeksplore skills dalam setiap program di perusahaan. Kamu akan berkontribusi langsung dalam sebuah project sehingga kerjamu akan lebih produktif, dan jika hasil kerjamu baik tentunya akan mendapat apresiasi dari banyak karyawan lainnya karena mereka tahu akan kerja nyata kamu. Hal ini akan membuat kamu semakin bersemangat dalam menjalani karier kamu di perusahaan.

Kontribusi yang kamu berikan terhadap perusahaan juga akan sangat berpengaruh langsung terhadap keberhasilan ataupun kegagalan perusahaan. Berbeda dengan di perusahaan besar, untuk berkontibusi dalam satu project saja kamu harus berurusan dengan banyak departemen lainnya, persetujuan sana dan sini kemudian belum tentu ide-idemu akan direalisasikan karena banyak ide lainnya juga yang diajukan.

3. Memiliki banyak kesempatan untuk mengembangkan skills

Bekerja menempati sebuah posisi di perusahaan pasti telah memiliki job description yang jelas. disisi lain dalam sebuah perusahaan kecil kamu akan dituntut untuk melakukan kerja yang lebih variatif dan inovatif. ini akan membuat kamu menjadi lebih giat dalam mengembangkan skill di diri kamu.
Kondisi tersebut dapat memberikan manfaat untuk menjadikan kamu lebih berkembang, dan memberikan lebih besar peluang untuk batu lonjakan jika pada saatnya kamu beralih ke sebuah perusahaan yang bertaraf lebih besar.

4. Kesempatan untuk mengembangkan karier

Dalam perusahaan kecil kamu akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk jenjang karir yang sedang kamu jalani. Dengan pencapaian kerja yang lebih terlihat dalam perusahaan kecil, tawaran untuk level posisi yang lebih tinggi akan lebih besar kemungkinannya.
Apabila kamu telah merencanakan untuk membangun sebuah sturtup sendiri, bekerja di sebuah perusahaan kecil akan memberikan pengalaman yang sangan bermanfaat untukmu memulai bisnis lingkup sturtup, ibarat sekolah perusahaan kecil merupakan sekolah kejuruan untukmu yang memiliki keinginan untuk memiliki sebuah sturtup sendiri.

Leave a Reply