Skip to main content

Inovasi Dalam Bisnis

Seringkali orang yang sudah memiliki sebuah bisnis yang mapan akhirnya lupa tentang pentingnya inovasi bisnis yang dilakukan secara terus menerus. Dapat dikatakan bahwa bisnis yang terus melakukan inovasi baru adalah bisnis yang terdepan dan dapat dibilang berhasil.

Sama halnya dengan roda kehidupan yang terus berputar, demikian juga dengan roda bisnis. Mungkin tahun ini produk kamu menjadi market leader, tetapi tahun depan belum tentu. Persaingan dalam bisnis sangatlah ketat. Pesaing pesaing yang baru akan terus bermunculan setiap hari, begitulah yang terjadi pada dunia bisnis.

Namun, perubahan kebutuhan pasar dan jumlah permintaan yang semakin beragam, kita akan menemukan banyak sekali pesaing baru. Pesaing baru ini mungkin saja telah mempelajari bisnis kamu dan melakukan inovasi-inovasi untuk mengembangkan model bisnis yang sama sehingga menjadi lebih menarik. Bila kamu tidak melakukan inovasi sama sekali maka pesaing kamu mungkin saja bisa menjadi market leader dan menggeser posisi kamu sebagai idola dalam pasar yang kamu bidik.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa inovasi dalam bisnis kamu sangat diperlukan, check this out:

1. Inovasi bisnis diperlukan untuk menjaga bisnis kamu dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satu contoh inovasi, misalkan dalam dunia kecantikan, Dulu ketika orang ingin menggunakan obat jerawat, mereka menggunakan bubuk anti jerawat yang dicampur dengan air. Sedangkan sekarang kebanyakan orang memilih sesuatu yang lebih praktis, seperti membeli cream obat jerawat yang mudah digunakan tanpa harus mencampurnya dengan air lagi.

2. Mengganti sebuah produk dengan produk lain yang memiliki banyak fungsi. Kita masih ingat ketika MP3 player baru muncul dan langsung banyak digunakan karena bentuknya sangat kecil, praktis, dan bisa dibawa kemana saja, tidak seperti alat pemutar musik lama yang menggunakan tape dan kaset atau CD. Tapi sekarang fungsi MP3 player sudah tergantikan dengan adanya alat pemutar musik di HP Smartphone yang sangat banyak digunakan masyarakat pada saat ini.

3. Inovasi bisnis yang memberikan keuntungan besar. Kita bisa lihat yang terjadi pada perusahaan terkenal seperti Apple atau Acer yang selalu berinovasi dalam mengembangkan produk-produk mereka. Pelanggan setia Apple atau Acer selalu menunggu produk terbaru yang diluncurkan oleh pihak mereka, dan para pelanggan itu bersedia mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli inovasi terbaru yang ditawarkan, sehingga semakin meningkatkan margin keuntungan perusahaan itu.

::Sumber : Inovasi Bisnis::

Leave a Reply