Skip to main content

Jangan Sungkan Membiasakan Pulang Kerja Tepat Waktu

Sungkan untuk pulang kerja saat jam kerja telah selesai, ini merupakan hal yang sudah biasa banyak dilakukan oleh pekerja. Sering kali terjadi ketika jam kerja sudah selesai dan kerjaan sudah kelar tetapi teman sebelah kamu atau atasan kamu belum juga pulang, kamu akan merasa sungkan untuk mendahului pulang tepat waktu. Ada saja pikiran yang melintas di otak kamu untuk tak segera pulang; gak enak sama temen kerja yang belum kelar kerjaannya, atau berfikir nanti dikira gak toleransi sama temen kerja.

Di Indonesia jam kerja normal kantoran adalah 8 jam sehari, kamu dibayar untuk bekerja selama 8 jam loh, kenapa harus sungkan untuk pulang lebih awal. tidak menyalahi aturan kerja kok.

Jika memang ada pekerjaan yang harus dilembur itu memang kewajiban kamu, tapi masa iya setiap hari harus kerja lembur. Pekerja bukan robot kali, pikirkan sisi lain bahwa kamu juga butuh waktu untuk hal lain selain kerja, seperti berkumpul dengan keluarga, atau memiliki waktu luang untuk sekedar kongkow ngopi-ngopi di cafe bersama teman lainnya.

Nah membiasakan untuk pulang kerja tepat waktu juga memiliki keuntungan, inilah keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu pulang kerja tepat waktu, seperti dilansir di website hipwee.com

1. Pulang kerja tepat waktu memberikan kamu waktu luang. bisa kamu manfaatkan untuk membuat kamu lebih Kreatif

Dengan kamu pulang kerja tepat waktu, kamu akan memiliki waktu luang untuk melakukan hal-hal lain, melakukan hobi kamu, olahraga, atau explore pengetahuan kamu diluar kerja. ini akan membuat kamu menjadi semakin kreatif.

2.Pulang tepat waktu berarti melatih untuk disiplin

Kamu akan selalu berusaha menyelesaikan tugas pekerjaan kamu untuk bisa pulang sesuai jam pulang kantor. Membiasakan disiplin juga akan berimbas kepada karakter kamu agar selalu bertindak disiplin untuk hal yang lainnya juga.

3. Memiliki waktu berkumpul dengan Keluarga.

Bayangkan saja jika setiap hari kamu hanya sibuk dengan urusan kerja kamu, berangkat jam 6 pagi karena masuk kerja jam 8, dan pulang kerja jam 5 atau bahkan lebih malam. trus kapan kamu punya waktu luang untuk keluarga kamu? sekedar untuk ngobrol dengan anak saja akan sangat susah.
So, ada baiknya ketika jam kerja telah usai, bergegaslah untuk segera pulang.

4. Pergaulan diluar kantor lebih luas.

Yap, dengan memiliki waktu luang setelah bekerja kamu bisa saja lebih banyak bergaul dengan teman-teman kamu. Memperluas koneksi dengan teman-teman kamu, membangun lebih banyak lagi hubungan dengan orang lain diluar kantor.
dengan banyak koneksi kamu akan lebih memiliki peluang untuk mengembangkan karir kamu juga kan.

5. Lembur tidak berarti akan membuat kamu disayang atasan

Adakalanya lebur kerja memang diperlukan demi menyelesaikan pekerjaan yang harus segera rampung. Tapi tidak berarti dengan lembur kamu akan diperhatikan lebih oleh atasan kamu, justru ketika kamu bisa menyelesaikan pekerjaan kamu tanpa harus lembur adalah contoh yang baik bagi pekerja lainnya. Kamu bisa selesaikan pekerjaanmu tanpa lembur dan pulang tepat waktu untuk melakukan aktifitas lainnya.

6. Kesehatan kamu lebih terjaga karena memiliki waktu untuk beristirahat

Iya dong, ketika kamu memiliki waktu lebih untuk beristirahat dan mendinginkan otak kamu setelah kerja seharian maka kesehatan kamu akan lebih terjaga. Beda halnya jika waktu kamu habis hanya untuk kerja kerja dan kerja, kepala pusing dikejar deadline, jam makan sering kelupaan, bisa-bisa kamu stres akibat kerja dan bahkan bisa saja sampai sakit.

Baca: 5 Faktor Penyebab Penyakit Akibat Kerja yang Harus Kamu Waspadai

Leave a Reply