Skip to main content

Jangan Takut Bersaing Dengan Brand Besar

Membangun Usaha Kecil Menengah memang susah-susah gampang. Apalagi jika harus bersaing dengan perusahaan dengan brand yang sudah dikenal masyarakat. Pengusaha yang sudah memiliki brand besar akan lebih mudah menarik hati konsumen, dibandingkan dengan pengusaha kecil. Pengusaha UKM dituntut untuk kreatif dalam melakukan perubahan bisnisnya supaya bisa bersaing dengan kompetitor.

Tidak sedikit pengusaha kecil yang tidak mampu bersaing dengan kompetitor yang telah memiliki nama besar di mata konsumen. Padahal kualitas barang yang ditawarkan pelaku UKM tidak kalah bagus dengan brand besar, tetapi pangsa pasarnya yang sedikit inilah yang membuat penjualannya tidak optimal sehingga omzet tidak begitu banyak. Strategi pemasaran juga harus diperhatikan jika usaha kamu bersaing dengan brand besar.

Apa saja strategi yang bisa kamu lakukan? Check this out!

Observasi Persaingan

Jangan pernah menganggap kompetitor kamu merupakan hal yang akan membuat usaha kamu hancur. Tidak selamanya persaingan memberikan efek buruk untuk bisnis yang kamu miliki. Amati perkembangan bisnis kompetitor karena pasti kamu mendapatkan sebuah pelajaran. Akan ada kiat-kiat sukses atau peluang usaha yang bisa kita contoh.

Jangan lupa untuk selalu observasi produk dan harga dari kompetitor. Brand yang sudah besar tentu akan lebih mudah dalam mengobservasi harganya. Gunakan internet untuk melihat harga yang mereka patok.

Tawarkan Produk Unik

Pengusaha kecil seperti kamu memang dituntut untuk terus melakukan inovasi menghadirkan produk yang unik. Penampilan unik dan berbeda tentu akan lebih menarik minat calon konsumen daripada produk yang biasa saja. Maka dari itu, buatlah sebuah produk yang unik dan menarik supaya kamu bisa bersaing dengan kompetitor. Tapi ingat, menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan jauh lebih bisa diterima pangsa pasar, apalagi jika ditambah dengan produk yang unik.

Menjaga Hubungan Baik

tidak ada yang membuat usaha kamu sukses selain menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Hubungan yang baik akan membuat meeka loyal terhadap usaha kamu. terlebih lagi jika mereka puas, tidak menutup kemungkinan untuk membeli lagi produk kamu. Brand besar biasanya memiliki customer service untuk berkomunikasi dengan mereka. kamu juga bisa melakukannya meskipun bisnis kamu masih dalam taraf kecil. Lakukan via telepon atau social media untuk mengetahui bagaimana mereka memakai produk kamu. jika terjadi sebuah keluhan segera atasi tanpa harus menambah amsalah baru.

Jika kamu sudah merepakan 3 point di atas, usaha kamu akan terus berkembang meskipun harus bersaing dengan brand yang sudah besar. Jangan lupa terus memanfaatkan internet untuk menarik konsumen lebih banyak. Bukan tidak mungkin jika bisnis kamu mampu menghasilkan omzet yang sama dengan sebuah perusahaan perusahaan yang sudah dikenal masyarakat.

Leave a Reply