Skip to main content

Lebarkan Sayap di Pasar Internasional

Tak ingin usaha kamu jalan di tempat? Banyak pelaku bisnis yang pada akhirnya mengembangkan produk hingga pasar internasional. Kesempatan dan ruang lingkup yang besar menjadikan pelaku usaha akhirnya meraup untung dari pasar ekspor.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis hingga sampai ke negeri orang, dari mengikuti pameran hingga menitipkan ke rekan yang tinggal di luar negeri. Namun, bersaing dengan pasar ekspor tentu bukan hal yang mudah, mengingat produk yang serupa dengan kamu sudah bertebaran.
Apakah kamu salah satu pelaku bisnis yang ingin melebarkan sayap hingga ke pasar internasional? Jika ya, perhatikan dulu empat hal di bawah ini.

1. Bagaimana mutu produk?

Hal paling vital sebelum mengekpor produk keluar negeri adalah mutu. Apakah kamu sudah memperhatikan bagaimana mutu produk kamu? Apakah sesuai dengan standar di pasar internasional? Banyak pelaku yang pada akhirnya tidak bisa mengembangkan produk hingga ke mancanegara hanya karena kurang perhatian akan kualitas yang dimiliki. Sebaiknya pastikan dulu bahwa produk kamu memiliki kualitas nomor wahid dengan sudah mengantongi izin industri dari pihak yang bersangkutan. Hal ini tentu akan memudahkan proses ekspor produk nantinya.

2. Sudah menjaga stock produk?

Produk kamu sudah tembus di pasar internasional dan ada hal yang harus kamu perhatikan, salah satunya adalah stock produk. Seorang ekportir biasanya dituntut untuk menjaga konsistensi produk yang dikirimnya. Bahkan jika diperlukan untuk terus meningkatkan kapasitas produksi. Hal tersebut dikarenakan agar kamu bisa bersaing dan memenuhi permintaan pasar di luar sana.

3. Paham aturan ekspor-impor?

Biasanya peraturan ekspor-impor setiap negara berbeda. Untuk itu, tentukan negara apa saja yang akan menjadi target pengiriman produk kamu. Setelah sudah pasti, maka perdalam dulu bagaimana peraturan ekpor-impor baik di negara asal maupun di negara tujuan. Produk apa saja yang boleh atau tidak boleh diekspor ke negara tujuan. Dengan mengetahui aturan negara yang dituju, kamu tidak akan salah memilih calon buyer, serta bisa menjalankan kerja sama ekspor-impor dengan lancar.

4. Tahu prosedur teknis ekspor?

Selain persaingan yang banyak, mengekspor ke pasar internasional juga memiliki banyak kendala prosedur teknis. Akan ada banyak hal administrasi yang harus kamu hadapi. Mulai dari prosedur bea cukai, peralatan dan perlengkapan, serta beberapa prosedur pembayaran. Semua itu harus kamu perhatikan agar kegiatan ekspor-impor bisa berjalan lancar. Jika tidak mungkin kamu akan mengalami penahanan produk saat dokumen belum lengkap, padahal semua barang sudah siap dikirim. tidak mau kan hal seperti itu terjadi?

::Herti A:: Sumber: ciputraentrepreneurship

Leave a Reply