Skip to main content

Maksimalkan Brosur Untuk Promosi

Terdapat banyak cara promosi yang bisa dilakukan oleh para pelaku bisnis. Mulai dari menggunakan internet seperti melalui jejaring sosial atau email marketing atau cara konvensional seperti mouth to mouth. Cara konvensional lainnya yang masih banyak digunakan adalah brosur. Biasanya brosur lebih sering digunakan oleh palaku UKM karena dana yang terbatas untuk mengenalkan produk kepada masyrakat luas.

Meskipun brosur memiliki daya jangkau yang tak luas, sebenarnya jika kamu bisa memaksimalkan manfaatnya, tentu akan menambah profit setiap bulannya. Nah, seperti apakah cara memaksimalkan brosur sebagai sarana promosi? Berikut tips yang bisa kamu simak.

1. Buat Semenarik Mungkin

Cara pertama yang tak bisa dianggap sepele adalah desain brosur. Seperti yang biasa kamu dengar, love at the first sight ternyata bisa berlaku pada saat seseorang melihat sebuah brosur. Maka dari itu buatlah brosur semenarik mungkin agar calon konsumen kamu bisa memegangnya lebih lama untuk dibaca, bukan langsung dibuang begitu saja ke tong sampah. Jika kamu memiliki basic desain, mungkin tampak tak begitu menyulitkan. Namun, jika tidak kamu bisa menyewa jasa desainer untuk membuat brosur yang menarik karena mereka tentu lebih tau bagaimana memvisualkan ide yang dimiliki dalam selembar brosur.

2. Siapa Target kamu?

Saat berniat untuk terjun ke dalam bisnis dan tahu jenis bisnis apa yang akan dijalankan maka penting bagi kamu untuk tahu siapa target pasar yang kamu bidik. Fungsi ini juga bisa diterapkan pada saat akan membuat brosur. kamu harus tahu siapakan target yang akan dibidik beserta ciri-cirinya. Apakah pria dewasa, anak-anak, wanita dewasa, atau remaja. Jika sudah tahu siapa target pasarnya makan tentu cara berpromosi melalui brosur tak salah sasaran. Tak hanya itu, dengan tahu target pasar kamu akan lebih mudah menentukan desain brosur seperti apa yang digunakan.

3. Sebar Brosur

Menentukan lokasi dalam penyebaran juga penting karena kamu tak mungkin salah sasaran. Misalnya produk kamu untuk remaja, maka bisa menyebarkan brosur di depan sekolah atau universitas. Tak hanya itu, kamu juga mengikuti seminar atau pameran di mana akan ada banyak orang yang datang dan melihat brosur yang dibagikan dan ini akan menjadai peluang kamu.

4. Uji Brosur

Cara terakhir untuk memaksimalkan penggunaan brosur adalah lakukan pengujian sebelum menyebarkan brosur. Pengujian meliputi materi brosur, tarhet market, dan metode penyebarannya. Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah memberikan sample brosur kepada target yang kamu bidik. Misalnya brosur untuk wanita dewasa, maka kamu bisa memberikan brosur kepada mereka untuk melihat responsnya, apakah tertarik atau tidak. Begitu brosur sudah layak untuk disebar maka tugas kamu adalah mengukur tingkat keberhasilan penyebaran brosur. Jika ada yang tak berjalan sesuai rencana maka kamu harus membenahi hal yang menghambar ptomosi melalui brosur tersebut.

::Herti A:: Sumber: ciputraentrepreneurship

One thought to “Maksimalkan Brosur Untuk Promosi”

Leave a Reply