Skip to main content

Mau Buka Usaha Jajanan Pasar? 4 Hal ini Harus Disiapkan

Aneka kue jajanan pasar, kita pasti sering mendengar makanan-makanan itu. Kue jajanan pasar tetap ada di hati para pecintanya. Kue jajanan pasar yaitu kue-kue tradisional yang sering kita jumpai dan diperjual belikan di pasar. Berlabel kue tradisional, tak membuat namanya dimakan oleh waktu. Banyak juga bermunculan pedagang aneka kue modern atau cake shop saat ini. Namun tetap tak menjadikan kue jajanan pasar tersisihkan. Bertahannnya jajanan pasar dari gerusan cake shop, dikarenakan cita rasa yang dimilikinya. Rasanya yang khas, membuat para pecintanya ingin merasakannnya lagi dan lagi. Bahan-bahan yang akrab dengan lidah serta harga yang terjangkau, membuat kue jajanan pasar ga ada matinya. 
Jajan Pasar Kue-kue basah Pasar Bulu Semarang, image:commons.wikimedia.org
Jajanan ini selain dapat kita temukan di pasar tradisional, kue ini sering juga kita jumpai saat ada acara sedekahan, kenduri atau acara-acara keluarga lainnnya. Membuatnya menjadi sebuah ladang usaha dan menjanjikan.

Penjualan kue ini dapat dilakukan dengan cara yang tak biasa. Yang dimaksud dengan cara yang tak biasa, kita bisa menggunakan terobosan-terobosan terbaru untuk menjual kue jajanan tersebut. Dengan kata lain kita menjualnya kue tersebut dengan cara yang belum pernah digunakan banyak orang, seperti kita franchise-kan. Cara itu bisa saja mendobrak penghasilan kamu ketika memulai membuka usaha kue jajanan pasar.

Ketika ingin memulai menjalankan usaha, tak hanya kue jajanan pasar, tapi juga berlaku untuk semua usaha. Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu strategi-strategi untuk ke depannnya. Di mana hal itu sangat penting untuk kelanjutan usaha kamu.

Berikut 4 hal yang harus disiapkan ketika ingin memulai usaha kue jajanan pasar yaitu:

1. Penentuan Lokasi Berjualan

Tentukanlah lokasi yang tepat untuk usaha kamu yang berada di bidang kuliner khususnya kue jajanan pasar. Penentuan lokasi ini sangat penting, ketika target marketnya pun tepat. Untuk lebih amannnya lakukan riset kecil-kecilan minimal selama 1 bulan untuk mengetahui lokasi berjualan yang ideal.

2. Gunakan Peralatan Pendukung

Peralatan yang dibutuhkan untuk memulai usaha kue jajanan yaitu meja, kursi. Bisa juga membuat booth dengan desain menarik, sehingga dapat mencantumkan nama usaha kamu di dalamnya. Hal itu sangat efektif bagi kamu yang baru saja memulai usaha. Membuat usaha kue jajanan pasar kamu cepat dikenal masyarakat luas.

Selain booth, kamu juga bisa membuat gerobak untuk menjajahkan kue jajanan pasar. Tentu dengan desain yang menarik juga. Dengan begitu, kamu bisa menjajahkan kue tersebut secara mobile (berkeliling) dan banyak mencari para pelanggan. Keunggulan lain dari gerobak dibandingkan booth, yaitu kamu dengan leluasa mencari pelanggan tanpa memikirkan biaya sewa tempat.

3. Kemasan

Kemasan ini berfungsi untuk melindungi kue dari hal-hal yang tak diinginkan. Dengan menggunakan kemasan, kue akan tetap terjaga kehigenisannya, sehingga kue akan tetap aman untuk dikonsumsi. Gunanya kemasan pada produk makanan seperti kue ini dapat melindungi dari sinar matahari langsung suhu yang lembab. Di mana bakteri dapat tumbuh di dalamnya.

Pemilihan kemasan pada kue jajanan pasar biasanya dilakukan dengan membungkusnya satu-satu. Gunakan cara tersebut untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan. Gunakan pembungkus lainnnya seperti box untuk memberikan rasa aman kepada para membeli ketika membawanya.

4. Gunakan Promosi Melalui Iklan

Beriklan, faktor ini yang biasa dilupakan oleh kebanyakan pengusaha lainnya. Beriklan identik dengan pengeluaran biaya yang mahal. Sehngga membuat rasa takut akan pengeluaran uang yang sia-sia bagi para pengusaha.

Padahal yang namanya beriklan bisa saja memanfaatkan media-media yang telah ada. Seperti memanfaatkan booth atau gerobak yang telah ada dengan memberikan desain menarik dan nama usaha. Selain itu, kita juga bisa menambahkan desain yang mencantumkan nama usaha pada kemasan atau box untuk mengemas kue tersebut. Sehingga kita cukup menghemat untuk membuat beberapa spanduk untuk tempat usaha. Di mana untuk pembuatan spanduk tidak membutuhkan biaya yang besar. Selain spanduk, kita juga bisa menggunakan brosur atau kartu nama untuk memperkenalkan usaha kita pada masyarakat luas. Sambil berjualan, tiada salahnya kamu sambil menyebarkan brosur tersebut. Dengan begitu pelanggan yang akan memesan dalam jumlah banyak untuk pesta tidak akan bingung lagi menghubungi kamu.

Semoga keempat hal ini dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin membuka usaha aneka kue jajanan pasar. Dengan ini kita pun berharap semoga penjual aneka kue jajanan pasar semakin banyak dan bertambah marak.

::M Hasan:: dari berbagai sumber ::

Leave a Reply