Skip to main content

Memiilih Target Pasar Pada Bisnis Kuliner

Dalam menentukan target pasar, hendaknya terlebih dahulu menetapkan segmen mana yang harus dibidik. Hal itu bisa dilakukan dengan cara pengelompokan konsumen dengan ciri atau golongan yang sama. Dimana nantinya salah satu kelompok tersebut bisa dipilih sebagai target pasar yang akan dicapai. Penentuan target pasar perlu dilakukan untuk mengkrucutkan kelompok yang akan dibidik, karena tidak mungkin dapat melayani keseluruhan konsumen yang ada. Dimana setiap konsumen pada kelompok tersebut memiliki keinginan yang beragam sehingga harus mengidentifikasi bagian pasar mana yang akan dilayani sebagai target pasar.

Target pasar merupakan salah satu yang sangat penting ketika hendak memulai bisnis. Dimana hal itu dapat dijadikan acuan untuk mengetahui golongan atau lainnya yang nantinya cocok dengan bisnis kamu khususnya di bidang kuliner. Setelah mengetahui golongan mana yang cocok, itu dapat mempermudah dalam menyusun rencana atau strategi bisnis apa yang harus dilakukan ke depannya. Dengan begitu, maka lebih memudahkan kamu sebagai pelaku bisnis agar lebih fokus untuk membidik konsumen.

Sebetulnya, terjun langsung di dunia bisnis khususnya kuliner tidak perlu merasa khawatir untuk menentukan target pasarnya. Menurut Joko Hartono sebagai pelaku bisnis di bidang kuliner, dirinya beranggapan dan lebih memilih pasar menengah ke bawah dibandingkan pasar atas. “Saya tetap mengincar pasar menengah ke bawah. Karena konsumen pasar atas masih bisa turun ke bawah, berbeda dengan pasar bawah yang terlalu memaksakan jika mengikuti pasar atas,”.

Karena jika dilihat dari perekonomian di negeri ini, pasar menengah ke bawah lebih ramai jika dibandingkan dengan kalangan menengah ke atas. Ramainya pasar menengah ke bawah, membuat para pelaku bisnis bisa dengan mudah melakukan promosi secara jorjoran untuk memperkenalkan brand atau produknya. Maka bisa dipastikan nama brand atau produk kamu dapat dengan mudah dan cepat dikenal masyarakat luas.

Namun itu semua tergantung pada produk apa yang kamu buat. Produk khususnya kuliner, menuntut kamu harus pintar dalam menciptakan inovasi pada menu makanan dan minuman. Tentunya sesuaikan dengan segmen konsumen yang telah kamu bidik. Faktanya, pasar itu sangat luas apalagi pasar kuliner, dimana jika makanannya cocok dan rasanya enak, pasti akan dicari lagi oleh pelanggan.

Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi kamu seorang pelaku bisnis baru atau yang telah berjalan.

::M Hasan::

Leave a Reply