Skip to main content

Mencari Lowongan Kerja Online, ini Tipsnya

Mencari lowongan kerja online di jaman serba teknologi saat ini menjadi usaha yang paling mudah bagi para jobseeker, hanya dengan membuka browser di smartphone atau leptop lalu searching di internet maka dengan sekejap berjuta-juta lowongan kerja bisa kamu temui.
Begitu banyak website atau situs portal penyedia informasi lowongan kerja online, dan kamu akan disuguhi begitu banyak pilihan lowongan kerja dari lowongan kerja yang paling banyak diminati sampai dengan lowongan kerja yang terbaru. Akan tetapi, disisi lain justru kamu harus lebih teliti dan lebih jeli dalam memilih lowongan kerja sebuah posisi kerja yang tepat yang sesuai dengan passion dan skills yang kamu miliki, kamu juga harus jeli untuk mencermati lowongan kerja lebih detail untuk menghindari penipuan yang berkedok lowongan kerja online.

image:pixabay.com

Berikut ini adalah tips untuk mencari lowongan kerja online dengan aman:

1. Pilih Lowongan kerja dari situs portal informasi lowongan kerja yang terpercaya

Salah satu cara paling aman untuk menghindari penipuan lowongan kerja online adalah dengan mencari dan memilih lowongan kerja dari website atau situs lowongan kerja yang terpercaya, beberapa situs lowongan kerja terpercaya di Indonesia saat ini misalnya: Jobstreet.co.id, jobsdb.com, karir.com, kompaskarier.com, jobindo.com, nusantarahub.com.
Referensi lowongan kerja online lainnya bisa kamu dapatkan melalui website career development center universitas-universitas terkemuka di Indonesi seperti contoh: ecc.ft.ugm.ac.id, cda.ipb.ac.id, cdc.ui.ac.id, karir.itb.ac.id, cda.ipb.ac.id, dan masih banyak lainnya.
Untuk informasi lowongan kerja BUMN Indonesia bisa kamu dapatkan melalui bumn.go.id atau melalui website resmi masing masing perusahaan BUMN.
Cara ini dirasa ampuh untuk menghindari lowongan kerja online abal-abal yang saat ini begitu marak terjadi.

2. Hindari iklan lowongan kerja yang janggal

Sebisa mungkin hindari iklan lowongan kerja yang tidak jelas / janggal, seringkali dengan kalimat-kalimat menggiurkan dan menyesatkan, menawarkan gaji tinggi tidak sewajarnya dan tidak sesuai dengan posisi kerja, iklan lowongan kerja yang bukan menggunakan email perusahaan, lowongan kerja yang meminta kamu untuk mengeluarkan sejumlah biaya-biaya dalam proses rekrutmen, atau bahkan rekrutmen yang kemudian berubah menjadi multi level marketing.

baca: Banyak Penipuan Lowongan Kerja, ini Cara Menghindarinya

3. Cari tahu informasi tentang perusahaan sebelum kamu melamar sebuah lowongan kerja

Sebuah kebiasaan yang terjadi di kalangan pencari kerja adalah melamar sebuah pekerjaan secara online dengan tanpa mencaritahu informasi tentang perusahaan penyedia lowongan kerja, dengan dalih “mencoba” para pencari kerja melamar sebanyak banyaknya lowongan kerja di beberapa perusahaan.
Mari ubah kebiasaan itu dan mulailah dengan menjadi pencari kerja yang berkualitas dengan memilih lowongan kerja yang benar-benar sesuai dengan passion, skills yang kamu miliki. cari tahu lebih lanjut informasi tentang Perusahaan yang penyelenggara lowongan kerja tersebut, apakah perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang valid?, dan apakah perusahaan tersebut akan sesuai untuk kamu tempati dengan passion dan skills yang kamu miliki?

Dengan mencermati lebih jeli dan teliti dalam mencari lowongan kerja online, semoga tips-tips tersebut dapat membantu dalam menemukan posisi kerja yang sesuai dengan skills dan passion yang kamu miliki.

Meskipun demikian, kamu harus mencoba juga untuk mencari lowongan kerja melalui lini lainya yang berbasis media cetak seperti koran, atau di papan-papan pengumuman kampus, kantor pos dan lain sebagainya. atau kamu bisa mencari informasi lowongan kerja melalui teman-teman kamu yang telah bekerja di suatu perusahaan.

Leave a Reply