Skip to main content

Meningkatkan Kecerdasan Emosional di Tempat Kerja

Ditulis ulang dari buku berjudul Emotional Intelligence at Work “Pemandu Pikiran dan Prilaku Kamu untuk Meraih Sukses” penulis ~ Hendrie Wesinger.

ilustrasi image:pixabay.com

Meningkatkan Kecerdasan Emosional di Tempat Kerja

Emosi kamu daat memberikan informasi yang berharga, mengenai diri sendiri, orang lain, dan sebuah situasi. Sebuah ledakan kemarahan kepada seirang rekan kerja mungkin menunjkkan kepada kamu bahwa kamu merasa kewalahan oleh beban kerja yang tidak masuk akal.
Kegelisahan dalam menghadapi presentasi yang akan datang dapat memberi kamu informasi bahwa kamu mungkin perlu mempersiapkan presentasi lebih baik lagi dengan menambahkan sejumlah fakta dan angka. Rasa frustasi kepada klien mungkin memberi informasi bahwa kamu perlu mencari jalan lain agar klien tersebut mau menanggapi kamu.

Dengan memanfaatkan informasi yang disediakan oleh emosi yang ada pada diri kamu, kamu dapat mengubah perilaku dan cara berfikir sedemikian rupa sehingga kamu dapat membalikkan situasi yang kamu alami.
sebagai contoh dalam kasul ledakan amarah diatas, kamu mungkin melihat betapa pentingnya mengurangi beban kerja atau merampingkan proses kerja kamu. Emosi sebagaiman yang dapat kamu lihat berperan penting di tempat kerja, dari kemarahan sampai kegembiraan, dari frustasi sampai rasa puas. Kamu berhadapan dengan emosi kamu sendiri – emosi kamu sendiri dengan emosi orang lain –setiap hari ditempat kerja.

Kuncinya adalah menggunakan emosi yang ada dalam diri dengan cerdas. hal itulah yang disebut kecerdasan emosional. Manfaatkan emosi dengan menggunakan hal itu untuk menuntun perilaku dan cara berfikir kamu sehingga produktivitas kamu tetap terjaga dan bahkan meningkat.

Kecerdasan emosional dapat dilatih , dikembangkan, dan ditingkatkan — emosi bukanlah suatu karakter yang dimiliki atau tidak dimiliki. Kamu dapat meningkatka kecerdasan emosional dengan mempelajarinya dan melatih ketrampilan serta kemampuan menyusun kecerdasan emosional. Hal tersebut meliputi Kesadaran diri, Manajemen Emosi, dan Motivasi diri.

Tiga topik bisa anda baca pada artikel selanjutnya dengan klik link judul berikut ini:

  1. Mengembangkan Kesadaran Diri yang tinggi
  2. Mengelola Emosi
  3. Memotivasi diri sendiri

Leave a Reply