Skip to main content

Profesi Seorang Guru, Apa Dasarnya?

Cinta kasih dan optimisme, untuk dapat mengajar dengan baik, kita harus sadari betul bahwa kita sedang berhadapan dengan manusia yang merupakan ciptaan berderajat paling tinggi diantara semua makhluk yang ada di dunia. Murid murid memiliki potensi yang luar biasa, yang harus mereka lakukan adalah berusaha menemukan potensi tersebut, menggalinya lalu menggunakannya dengan sebaik baiknya.

ilustrasi image:pixabay.com

Sungguh guru memiliki kesempatan yang istimewa untuk membantu mereka mendapatkan dan menggali potensi tersebut. Kita semua pasti merasakan kebahagiaan saat berhasil mewujudkan impian kita. Menjadi guru memberi kita peluang besar untuk membantu orang lain mewujudkan impian mereka dan hal lain ini amat membahagiaan.

Seorang berkebangsaan korea mendaftar di SMA ternama yang menggunakan kurikulum bahasa inggris sebagai bahasa percakapan keseharian. Hasil tes masuknya rendah karena kemampuan bahasa inggrisnya kurangmeskipun rapornya dari korea bagus. Orangtuanya menjelaskan bahwa ia baru saja tiba dari korea sehari sebelum tes. Anaknya sangat stres dan juga letih. tak mudah bagi seorang remaja meninggalkan keluarga dan sahabatnya di negara asal tempat ia tinggal dan juga kehilangan kebiasaan-kebiasaan lamanya. Bagaimanapun, kendala bahasa mungkin membuat potensinya tidak tergarap maksimal.

Akhirnya sekolah mengadakan rapat dan berdasarkan berbagai dokumen yang ada serta berbagai input, maka diputuskan untuk memberinya masa percobaan selama satu kuartal. Optimisme adalah akar dari alasan yang melatarbelakangi diambilnya keputusan tersebut. Dua tahun kemudian, anak itu lulus sebagai lulusan terbaik nomor dua.

Sungguh Optimisme adalah hal yang tidak sia sia. tidak sedikit murid yang dahulu biasa biasa saja dan bahkan termasuk murid yang bandel, begitu kuliah ternyata berhasil masuk dalam daftar mahasiswa yang meraih IP tinggi di universitas terkemuka di Luar negeri.

Adapun Cinta kasih berperan besar dalam membantu kita memberikan yang terbaik bagi murid. Kita bisa melakukan yang terbaik karena peraturan sekolah yang engharuskan demikian, karena diiming imingi gaji yang besar. Bagaimanapun, alasan-alasan yang tidak melibatkan cinta kasih di dalamnya hanya bisa membuat kita melakukannya dalam waktu singkat. tak lama kemudian kita akan merasa sangat letih dan hati kecilpun akan berontak.

Leave a Reply