Skip to main content

Sukses Mengembangkan Bisnis Bersistem

Jatuh bangunnya sebuah usaha di dalam menjalankan sebuah bisnis merupakan hal yang wajar bahkan menjadi hal yang sudah biasa di kalangan pembisnis. Namun kamu janganlah berputus asa dan patah semangat dalam menjalankan ataupun mendirikan usaha kamu.

Ada beberapa hal mendasar yang dapat menjadikan sebuah usaha yang dijalani menjadi jatuh bangun seperti itu.

Pertama, ingin melakukan semua hal sendirian. Dalam menjalankan bisnis kecil, semua orang harus melakukan tugas sesuai dengan keahliannya. Pada awalnya kamu memang dapat dan boleh melakukan semuanya sendirian, namu apabila kamu sudah mulai kerepotan, jangan lah sungkan untuk mencari bantuan ke orang lain, ataupun kamu dapat mengrekrut karyawan yang sesuai untuk membantu pekerjaan yang kamu lakukan. Janganlah takut untuk mencari bantuan diluar. Karena seorang pembisnis pada awalnya tidaklah mungkin dapat melakukan semua hal sendirian, pasti kamu akan membutuhkan seseorang yang memang mengerti di bidangnya.

Kedua, beranggapan produk kamu dapat terjual dan laris dengan sendirinya. Karena sebaik apapun produk tersebut, tidak akan terjual tanpa adanya orang yang tau tentang produk tersebut, pasti kamu akan membutuhkan orang lain untuk mempromosikan ataupun untuk memasarkan produk tersebut ke konsumen atau pasar. Jadi bangunlah sebuah basis pelanggan yang mengerti bisnis yang kamu jalani.

Biasanya promosi yang paling bagus dan murah adalah promosi dari mulut ke mulut, di zaman modern ini cara terbaik untuk mempromosikan suatu produk dapat dilakukan melalui media sosial, contohnya kamu bisa mempromosikan produk kamu lewat facebook ataupun twitter. Sering-seringlah mempromosikan produk kamu melalui media sosial dan komunitas. Namun kalau perusahaan kamu mempunyai budget yang cukup, tidak ada salahnya kamu berpromosi lewat media iklan ataupun media lainnya.

Ketiga, tidak mengerti cara menyusun laporan keuangan, tidak jarang kebanyakan pembisnis pemula masih kerepotan dalam menyusun laporan keuangan. Dalam dunia bisnis tidak cukup hanya mengerti akan dunia bisnisnya saja, namun seorang pengusaha juga harus mengerti bagaimana cara menyusun pembukuan laporan keuangan dari usaha yang kamu jalani tersebut. Selain itu seorang pengusaha juga harus dapat mengerti kondisi kesehatan finansial perusahaannya. Karena dalam menjalankan ataupun membangun sebuah usaha sangatlah diperlukan sebuah pembukuan laporan keuangan, agar arus budget usaha kamu dapat terpantau dengan jelas dan lebih ter arah.

Keempat, menyepelekan hal kecil yang dapat menguntungkan usaha kamu, ketika sebuah bisnis tidak berjalan dengan baik, biasanya sebuah pengusaha akan langsung membuat produk baru yang bertujuan untuk menggenjot penjualan mereka, karena hal ini dapat menambah omzet penjualan yang mulai lesu. Namun hal tersebut tidaklah akan bertahan lama, karena bisnis yang baik adalah bisnis yang fokus ke satu atau beberapa jenis produk saja. Jadi, ada baiknya untuk tidak terburu-buru mencari ataupun menciptakan produk baru sebelum produk lama kamu dapat berkembang hingga sempurna.

Jadi buatlah bisnis kamu bersistem. Dalam sistem bisnis tidaklah haru rumit, cukup dengan mengkoordinir tugas-tugas dengan jelas, dan selain itu informasikan lah produk kamu dengan konsisten dan seragam, selain itu pengaturan kerja yang jelas dan transparan juga dapat memungkinkan seluruh pekerjaan dapat dikerjakan dan berjalan dengan baik meskipun kamu tidak ada di dalamnya.

::Pirmansyah::

Leave a Reply