Skip to main content

Susu Kedelai Sebagai Usaha Sampingan

Susu kedelai menjadi alternatif selain susu sapi. Rasanya yang enak dan harga yang murah serta memiliki kandungan gizi yang baik menjadi alasan banyak penyuka susu dari kacang kedelai ini. tidak hanya itu, susu kedelai pun dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya adalah mencegah kanker, menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Susu kedelai pun seolah memiliki porspek usaha yang cukup baik, mengingat banyaknya konsumen penyuka susu kedelai. Jika kamu ingin menekui usaha susu kedelai, di bawah ini terdapat beberapa tips untuk kamu.

1. Aneka rasa

Semua usaha harus melakukan inovasi agar tidak tergilas dengan yang lain, begitu juga dengan susu kedelai. Salah satu inovasi yang bida kamu lakukan adalah masalah rasa. kamu bisa padukan susu kedelai dengan buah-buahan yang disukai konsumen, sebut saja strawberry, nanas, apel, anggur, dan sebagainya.

2. Tentukan konsumen

Sebelumnya, kamu harus memastikan siapa konsumen kamu. Apakah untuk kalangan anak kecil, pelajar, atau mungkin para orang tua. Jika kamu sudah menentukan siapakah segmen yang kamu bidik, kamu jadi tahu berapa harga jual yang ditawarkan. tidak hanya itu, dengan menetapkan segmen pasar akan memudahkan kamu dalam menentukan lokasi pemasaran. Jika untuk Anak kecil kamu bisa jualan di sekolah, lembaga pelatihan, atau taman bermain.

3. Higienis

Bergerak di bidang produk minuman, berarti memastikan bahwa produk kamu higienis agar kesehatan konsumen juga terjaga. Sebelum memasak, pastikan kamu sudah mencucu tangan terlebih dahulu dan menggunakan sarung tangan. Simpan bahan-bahan produksi di tempat yang baik, bersih, tertutup, dan tidak lembab. Tempat yang berair tentu akan menumbuhkan jamur dan mikroorganisme yang dapat membahayakan kesehatan. Dan tidak lupa untuk selalu memisahkan peralatan satu dengan lainnya untuk menghindari kontaminasi.

4. Simpan di suhu yang sesuai

Untuk membuat susu tampak segar, kamu memang harus memiliki lemari pendingin untuk menyimpan susu yang sudah jadi. Namun, susu kedelai memang sangat sensitif terhadap perubahan temperatur, seperti akan menggumpal jika suhu kurang dingin. Maka dari itu kamu harus memastikan bahwa suhu lemari pendingin berada pada suhu yang konstan.

5. Terapkan FIFO

Teknik FIFO atau First In First out bisa diterapkan di usaha kamu. maksudnya adalah pastikan susu yang masuk ke dalam lemari pendingin merupakan produk yang akan dijual terlebih dahulu. Untuk bisa aman, pastikan bahwa susu kedelai tanpa bahan pengawet akan bertahan kurang dari 3 hari. Jika lebih, susu akan berubah rasa dan bentuk. Setelah berjualan beberapa hari atau minggu, kamu tentu bisa amati berapa produk yang terjual dalam setiap harinya. Maka dari itu, jangan pernah menyetok barang terlalu banyak agar susu kedelai bisa selalu segar.

6. Memilih Mesin

Saat menekuni usaha ini, ada baiknya untuk memilih mesin yang tepat untuk membantu proses usaha kamu. PT Toko Mesin Maksindo menyediakan mesin pengolahan susu kedelai yang diperuntukkan bagi kamu yang mamiliki usaha skala menengah ataupun besar. Mesin FDM 100 ini digunakan untuk menggiling dan memeras kacang kedelai yang nantinya bisa dinikmati dalam segelas susu. Dengan tampilan yang menarik dan mudah dioperasikan serta efisien, mesin ini berkapasitas 35 kg per jam. Berdimensi 570x410x795, mesin ini berdaya listrik 750 watt, 220 V dengan berat 30 kg.

Mesin Susu Kedelai

Tipe : FDM100 / MJ100 / SY100 /SBG100A
Model Stainless Steel
Kapasitas : 35 kg / jam.
Listrik : 750 watt, 220 V
Dimensi mesin : 570x410x795 mm
Berat : 30 kg
Filter/penyaring : 100


::Herti A::

Leave a Reply