Skip to main content

Tips Launching Produk Baru

Sebagai pelaku bisnis, kamu dituntut untuk selalu memberikan inovasi produk agar tak tergerus oleh para kompetitor. Apapun produk yang baru kamu ciptakan, memperkenalkan kepada khalayak menjadi langkah awal agar bisa diterima oleh calon konsumen.

Memperkenalkan produk baru juga pasti ada rasa kekhawatiran tersendiri karena banyaknya pesaing, kesalahan dalam menentukam strategi pasar, hingga rendahnya minat konsumen. Namun, dengan mengetahui cara melaunching sebuah produk juga kamu bisa saja terbebas dari rasa kekhawatiran. Berikut di antaranya:

  1. Dasar paling awal ketika memulai bisnis adalah tahu sebesar apa potensi pasar yang kamu bidik. Tak hanya itu, kamu juga harus survey dan analisa sejauh mana persaingan yang akan kamu hadapi. Lalu tetapkan siapakah target konsumen kamu. Pastikan bahwa kamu sudah membidik konsumen potensial untuk mengembangkan bisnis kamu. Dengan mengetahuinya, kamu jadi tahu ketika strategi seperti apa yang akan kamu jalankan. 
  2. Melakukan survey kepada kompetitor dimaksudkan untuk menilai sejauh mana produk mereka dan tahu pembeda produk kamu dengan pesaing. Saat launching produk baru, jual nilai produk kamu dan beritahukan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing bisnis kamu. 
  3. Rancang event untuk menarik calon konsumen. Event launching yang diadakan juga harus dipersiapkan dengan matang. Tentukan terlebih dahulu rangkaian acara dan siapa yang akan memandu acara tersebut. Jangan lupa untuk membuat acara menarik dengan memberikan beberapa penawaran. Seperti beli dua gratis satu atau hadiah tertentu dengan nominal yang telah ditentukan. Dan jangan lupa untuk mencatat data konsumen untuk penawaran produk terbaru nantinya. 
  4. Untuk membuat proses pengenalan produk baru berjalan lancar, tak ada salahnya menggunakan jasa sales. Memang harus mengeluarkan biaya tambahan lagi. Namun, dengan menggunakan SPG atau salesman saat launching produk berlangsung, pemasaran yang kamu lakukan terbukti ampuh berkat jasa mereka. Dengan catatan merekrut orang yang kamul dalam bidangnya. 
  5. Promosi terakhir yang bisa kamu lakukan adalah memasarkan lewat media massa, baik elektronik ataupun cetak. Siapkan dana tambahan untuk bisa beriklan di majalah, surat kabar lokal atau nasional, televisi, bahkan radio. Sedangkan untuk dunia maya, siapkan dana tambahan untuk pembuatan website. Dengan cara seperti itu, produk kamu bisa dikenal oleh masyarakat yang menjadi segmen usaha kamu. 

::Herti A::

Leave a Reply