Skip to main content

Tips Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email

Melamar sebuah pekerjaan tidak lagi hanya bisa dilakukan dengan cara cara tradisional melalui pos seperti yang telah dilakukan sejak jaman belum mengenal dunia internet. Pada jaman serba digital seperti saat ini hampir semua perusahaan menyediakan wadah bagi para pencari kerja untuk mengirimkan lamaran kerja melalui email. apa kamu sudah sering melakukanya?
Sebelum kamu ngirimkan lamaran kerja dan CV kamu, ada baiknya coba kamu cari referensi terlebih dahulu bagaimana cara membuat lamaran kerja dan CV yang baik.
Berikut beberapa Tips Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email:

1. Beri Judul email sesuai instruksi yang tertera dalam lowongan

Dalam setiap lowongan yang memperbolehkan mengirim lamaran melalui email seringkali juga memberikan note untuk mengirim lamaran dengan judul/ subject email dengan menggunakan format atau kode tertentu, maka berilah judul subject email dengan instruksi tersebut. jika tidak bisa jadi email kamu hanya akan terlewat begitu saja saat rekruter melakukan screening lamaran yang masuk. Jika tidak ada instruksi husus mengenai judul/ subject email maka berilah judul email dengan mencantumkan posisi yang kamu lamar.

2. Redaksi di body email

Jangan pernah mengirim email tanpa menggunakan redaksi dan membiarkan body email kamu kosong. jika kamu telah melampirkan cover letter kamu, setidaknya berilah sedikit prakata formal mengenai tujuan kamu melamar kerja. contoh:
Dengan Hormat
sesuai dengan informasi yang saya baca di website (tulis alamat website), maka dengan ini saya mengajukan lamaran untuk posisi (tulis posisi lowongan). melalui email ini saya lampirkan: surat lamaran kerja, cv, portfolio, dan kelengkapan pendukung lainya.
hormat saya,
nama kamu
nomor hp kamu

3. Format File

Format file yang paling umum bisa di baca dalam media digital adalah Pdf atau Doc atau Image, tapi disarankan menggunakan pdf, selain karena bisa mudah dibuka dimedia digital menggunakan software free licence adobe pdf reader biasanya juga sudah menjadi bawaan sebuah web browser bisa membaca format pdf, dan format tulisan dalam pdf sudah baku tidak bisa diedit tanpa menggunakan pdf editor berbayar, tapi cukup mudah dalam membuat format file pdf, situs online untuk mengkonfersi file ke dalam format pdf juga sudah banyak.

4. Ukuran File

Usahakan seberapapun banyaknya isi lamaran cv atau portfolio yang kamu kirimkan, besar kapasitas file dibawah 2 MB, karena bisa jadi proses download yang terlalu lama saat rekruter mendownload file lamaran kamu menjadikan dia enggan melanjutkan downloading file lamaran kamu.

5. Gunakan Link external jika ukuran file besar.

Biasanya posisi tertentu yang mengharuskan melampirkan portfolio yang mau tidak mau menghasilkan ukuran filenya besar seperti designer atau programmer atau photographer. solusinya gunakan link external untuk melampirkan file kamu, misal menggunakan dropbox atau google drive. atau kamu bisa membuat website portfolio kamu untuk melampirkan link portfolio online kamu.
lima tips tersebut adalah hal-hal mendasar yang biasanya tidak diperhatikan oleh para pencari kerja yang melamar pekerjaan melalui email.

semoga membantu.

Leave a Reply