Skip to main content

8 Contoh Desain Pamflet Keren ini Bisa Jadi Inspirasi

Dalam dunia bisnis. Bisnis apapun itu, cepat atau lambat pasti membutuhkan strategi pemasaran. Tidak terkecuali promosi menggunakan pamflet. Cara ini masih banyak digunakan untuk menarik audien untuk membaca sebuah iklan.

Dalam membuat pamflet tentu harus didesain dengan matang. Tidak asal asalan. Disesuaikan dengan tujuan yang ingin disampaikan. Sehingga tujuan penyampaian informasi atau pemasaran produk/ jasa bisa benar benar tercapai dengan baik.

Ciri Ciri Sebuah Pamflet

Berikut ini adalah ciri ciri pamflet yang harus kamu ketahui sebelum membuat pamflet:

  1. Pamfet dibuat mengunakan bahasa yang sederhana, singkat dan jelas, supaya iklan atau informasi yang disampaikan mudah dimengerti oleh pembaca.
  2. Pamflet bersifat persuasif. Berisi sebuah ajakan. Sebagai media informasi atau sebagai sarana promosi suatu produk/ jasa yang diwarkan.
  3. Bisa menggunakan gambar untuk menarik minat baca atau memberikan informasi contoh produk.
  4. Isi pamflet adalah pembahasan tentang informasi yang baru, terupdate dan terpercaya.

Perbedaan Pamflet, Poster, Brosur, dan Banner

Singkali banyak orang masih menganggap keempatnya adalah sebuah desain yang berfungsi sama. Padahal desain Pamflet, Poster, dan Banner berbeda loh. Meskipun memang sama yaitu media cetak yang berisi tulisan disertai dengan gambar ataupun tidak. Apa saja perbedaanya, mari simak penjelasan berikut ini;

Pamflet

Pamflet sering disebut juga dengan selebaran. Berisi iklan/ informasi singkat dengan gaya bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Ukurannya cenderung kecil, biasanya lebih kecil atau sama dengan ukuran A4.

Poster

Hampir sama dengan pamflet. Media cetak menggunakan kertas yang berisi iklan atau informasi singkat dengan gaya bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Tetapi ukurannya cenderung lebih besar, Biasanya ukuran cetak A3 atau lebih besar.

Brosur

Hampir sama juga dengan pamflet. Tapi biasanya brosur dapat berupa formulir. Sebuah brosur biasanya memiliki beberapa halaman berukuran kecil. Media cetak berupa kertas yang dicetak kemudian dilipat menjadi beberapa bagian. Misal A4 dicetak kemudian menjadi brosul lipat 3.

Banner adalah bentuk sederhana dari baliho, umumnya berbentuk Potrait atau Landscape. Dicetak menggunakan digital print kain banner. Bisa berupa banner gantung atau ada uga banner yang menggunakan kaki penyangga (Xbanner).

Nah, seperti itulah perbedaannya. Menambah wawasan supaya tidak lagi bilang bahwa Pamflet, Poster, Brosur, dan Banner adalah sama

Baca juga artikel >> maksimalkan brosur untuk promosi

Jenis Jenis Pamflet

Pamflet biasa digunakan untuk menyampaikan informasi atau promosi dengan tujuan dan kepentingan tertentu. Berikut ini Jenis jenis pamflet berdasarkan isi dan tujuan dibuatnya pamflet.

  1. Pamflet – Kegiatan.
    media cetak untuk publikasi sebuah kegiatan. Contoh: pamflet untuk pengajian, seminar, reuni, konser dan lain lainnya.
  2. Pamflet – Pendidikan.
    bertujuan untuk mempublikasikan informasi yang berkaitan dengan dunia pendidikan. contoh: pamflet untuk acara lomba, acara seminar dll.
  3. Pamflet – Niaga.
    Untuk mempublikasikan sebuah iklan produk. Pamflet ini bertujuan untuk promosi, memberikan sebuah informasi tentang produk yang dijual oleh pembuat pamflet.
  4. Pamflet – Politik
    Untuk menyebarkan informasi seputar dunia politik. Banyak ditemui saat saat musim pemilu. Contoh pamflet ajakan untuk memilih seorang calon anggota DPR RI.

Contoh Desain Pamflet Keren

Berikut ini 7 contoh desain pamflet yang keren keren sudah kami kumpulkan. Semoga bisa menjadi inspirasi dalam membuat pamflet yang bagus, menarik dan mudah dipahami.

Contoh Pamflet Pendidikan

Pamflet ini buat dan dipublikasikan oleh HIMASIS Politeknik STMI Jakarta. Pamflet untuk sebuah acara seminar technopreneurship. Desain yang keren, menarik dan mudah dipahami.

Contoh Desain Pamflet Seminar Technopreneurship

Desain pamflet berikutnya dibuat dan dipublikasikan oleh HMPS PBI Universitas Ahmad Dahlan. Pamflet untuk acara National English Competition For SMA/SMK/MA dibidang pendidikan. Kompetisi bahasa inggris untuk jenjang sekolah menengah atas.

Contoh Desain Pamflet National English Competition For SMA/SMK/MA (PBI UAD)

Contoh Pamflet Kegiatan

Desain pamflet ini dibuat dalam rangka publikasi acara jalan sehat. Pamflet kegiatan jalan sehat untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71.

Contoh Desain Pamflet kegiatan jalan sehat

Desain pamflet berikut ini adalah pamflet kegiatan untuk acara Prambanan Jazz yang ke 3.

Contoh desain pamflet Prambanan Jazz #3

Contoh Pamflet Politik

Pamflet berikut merupakan pamflet untuk acara diskusi dan nonton bareng tentang Debat Cagup Pilkada DKI tahun 2017. Desain yang keren dan kece.

Contoh desain Debat Cagup Pilkada

Contoh desain pamflet berikutnya adalah pamflet yang dikeluarkan oleh KPU untuk mensosialisasikan hari dan tanggal pemilihan umum serentak. Untuk mengajak masyarakat datang ke TPS ikut memilih.

Contoh Desain Pamflet KPU Pemilu

Contoh Pamflet Niaga

Desain pamflet berikut ini dibuat untuk promosi spesial di bulan ramadhan. Pamflet dari brand piza mama yang didesain keren, sederhana dan mudah dipahami.

Contoh desain pamflet ini adalah pamflet promosi untuk pemasaran produk tahu bakso kang daus. Didesain dengan sederhana, menarik, dan keren.

Well, apa sudah dapat inspirasi untuk bikin pamflet. semoga dengan membaca artikel ini kita semua mendapatkan manfaatnya ya.

5 thoughts to “8 Contoh Desain Pamflet Keren ini Bisa Jadi Inspirasi”

Leave a Reply