Skip to main content

6 Makanan Dan Minuman Yang Dapat Membakar Kalori Tubuh untuk Diet

Terlalu berlebihan asupan kalori dalam tubuh akan memicu berat badan naik. Banyak orang mengatasinya dengan diet. Olahraga rutin sedikitnya dua kali seminggu juga dapat membantu dalam membakar kalori dalam tubuh. Disisi lain juga untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Namun, selain berolahraga juga perlu mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mendukung untuk membantu membakar kalori.

Berikut ini kami sajikan daftar makanan yang bisa membantu kamu dalam membakar kalori tubuh.

6 Contoh Makanan dan Minuman untuk Membakar Kalori Tubuh

Mau diet? Contoh makanan dan minuman berikut ini bisa membantu menurunkan berat badan. Hal itu karena makanan dan minuman ini dapat membakar kalori tubuh dengan efektif. Mari simak!

1. Gandum

Makanan yang kaya akan kandungan serat ini sangat baik untuk tubuh. Tubuh kita membakar kalori dua kali lebih banyak ketika kita makan makanan yang kaya akan serat. Contohnya seperti gandum dan beras merah.

So, jika ingin tubuh mendapatkan banyak manfaat kesehatan, pilihlah makanan kaya serat daripada makanan olahan.

2. Daging tanpa lemak

Daging adalah makanan dengan sumber protein tinggi. dan protein memiliki efek termogenik yang cukup tinggi. Jika kita mencerna daging, +- 30% kalori yang ada di dalam tubuh akan terhapus.

Contohnya, daging dada ayam dengan 300 kalori memerlukan 90 kalori untuk memecahnya. Jadi, jika kamu suka makan daging, pertimbangkanlah untuk memilih bagian daging yang tidak berlemak ya.

3. Susu rendah lemak

Produk susu dikenal orang bisa menaikkan berat badan. Sementara itu, produk ini juga kaya akan kalsium dan vitamin D.

Vitamin D memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Selain berfungsi membangun massa otot juga menjaga metabolisme tubuh. Cara yang terbaik yaitu memiliki produk susu rendah lemak.

4. Teh hijau

Teh hijau sangat terkenal karena manfaatnya bagi kesehatan manusia. Minum empat cangkir teh hijau setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan hingga tiga kilogram selama delapan minggu.

Menurut The American Journal of Clinical Nutrition, senyawa dalam teh membuat kerja metabolisme menjadi lebih cepat.

5. Kacang Lentil

Satu cangkir kacang mini ini dapat memenuhi 35% kebutuhan zat besi tubuh. Menurut sebuah penelitian, lebih dari 20% manusia berpengalaman kekurangan zat besi. Ketika tubuh kekurangan nutrisi tertentu, dapat menyebabkan metabolisme tubuh melambat dan tidak dapat bekerja efisien.

6. Cabai pedas

Senyawa capsaicin adalah senyawa yang membuat cabe memiliki rasa pedas. Cabai bisa membuat kalori dalam tubuh meleleh. Bisa dimakan mentah, kering, atau sudah dalam bentuk bubuk.

Namun, lebih baik jika menambahkannya ke dalam masakan. Boleh sup atau makanan lain untuk lebih merasakan efeknya.

Demikianlah pembahasan mengenai makanan yang bisa membantu membakar kalori untuk menurunkan berat badan. jika kamu berniat untuk menurunkan berat badan kamu. Silahkan mencoba dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan di atas.

Leave a Reply