Skip to main content

Contoh Surat Pengunduran Diri, Surat Resign Kerja (.Doc)

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai surat keterangan kerja. Kali ini bisnispro akan membahas surat pengunduran diri dari kerja. Atau biasa dikenal juga surat resign kerja.

Pengertian Surat Pengunduran Diri dari Kerja

Apa si surat resign kerja? Yap, bisa diartikan surat yang dibuat oleh seorang karyawan atau pekerja. Berisi tentang keterangan formal yang dibuat sebagai surat pengajuan untuk mengundurkan diri dari sebuah jabatan pekerjaan.

Bukan berarti hanya berlaku di perusahaan lho ya. Jika kamu mau resign dari teempat dimana kamu bekerja. Baik itu tempat kerja di perusahaan, instansi sekolah, universitas, swasta maupun negeri. Surat pengajuan mengundurkan diri merupakan salah satu cara dan etika yang baik untuk resign kerja.

Surat pengunduran diri dari pekerjaan secara umum seharusnya diajukan sebulan sebelum tanggal keluar kerja. Sebagai contoh, Jika kamu ingin keluar kerja pada tanggal 30 Juni 2019. Maka setidaknya kamu sudah harus mengajukan surat resign pada tanggal 1 Juni 2019 atau sebelumnya.

Contoh Alasan Resign Kerja

Pada kenyataanya banyak karyawan yang sering tidak betah bekerja di salah satu perusahaan. Kalau orang bagian personalia sering menyebut karyawan kutu-loncat. Hanya bertahan kerja sebentar di sebuah jabatan dan sering berpindah pindah tempat kerjaan.

Namun banyak juga orang yang memiliki loyalitas dan dedikasi tinggi dalam bekerja. Hanya saja terkadang memang situasi dan kondisi mengharuskan untuk resign kerja.

Beberapa alasan yang biasa digunakan untuk mengundurkan diri dari kerjaan.

  • Gaji atau honor kurang atau jauh dari standar gaji jabatan
  • Lingkungan kerja yang sudah tidak nyaman lagi
  • Sudah jenuh dengan jobdesk yang itu itu saja
  • Diberi tawaran jenjang karir di perusahaan lain yang lebih bagus
  • Meneruskan sekolah / pendidikan untuk menunjang karir
  • Mengikuti keluarga yang Pindah
  • Bagi wanita, mempunyai anak dan ingin sepenuhnya merawat anak.
  • Memulai bisnis/ usaha
  • Kesehatan sudah tidak memungkinkan untuk tetap bekerja dengan jobdesk pada jabatan tertentu. Dll

Catatan: Membuat surat untuk mengajukan resign harus dengan alasan logis dan masuk akal.

Manfaat dan Fungsi Surat Resign Kerja

Bentuk Etika Seorang Pekerja

Tidak bisa dipungkiri setiap pekerja hampir bisa dipastikan akan mengalami resign kerja. Dengan apa alasan yang digunakan berbeda beda kasusnya setiap orang.

Namun jika kamu mengundurkan diri dari pekerjaan dengan cara yang baik dan secara resmi, maka perusahaanpun akan merespon pengajuan resign kamu dengan cara yang baik.

Perusahaan akan menilai kamu sebagai pribadi yang memiliki etika baik, bertanggung jawab, dan terhormat. Hak hak kamu sebagai karyawan juga akan dipenuhi dengan baik. Seperti gaji terakhir, dan surat pengalaman kerja akan diberikan untuk kamu.

Baca juga artikel >> Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Berbeda kasus jika kamu pergi begitu saja tempat bekerja tanpa kabar. Cap merah pasti diberikan untuk karyawan yang seperti ini. Ketika kamu mencari kerja ditempat lain dan ternyata perusahaan yang kamu lamar mengetahui. Maka akan sulit lamaran kerja kamu diterima.

Memberi Waktu Bagi Perusahaan Untuk Mencarikan Karyawan Pengganti

Dengan adanya pengajuan surat resign dari karyawan. Perusahaan setidaknya memiliki tenggang waktu untuk mencari pengganti jabatan yang ditinggalkan.

Perusahaan akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan transfer pekerjaan dari yang resign ke karyawan yang baru. Hal ini akan sangat membantu pihak perusahaan maupun karyawan yang baru agar tidak bingung.

Format Surat Pengunduran Diri Kerja / Surat Resign

Surat resign termasuk dalam surat resmi. Jadi, jangan asal asalan bikin suratnya ya. Gunakan bahasa yang baku, baik dan benar. Sesuai kamus besar bahasa Indonesia.

Sebisa mungkin Surat Pengunduran Diri dibikin dengan sederhana, singkat dan jelas. Jangan berbelit belit.

Secara umum standar kaidah penulisan surat resign setidaknya memiliki poin poin sebagi berikut:

  • Keterangan waktu. Tanggal dan tempat surat: di sebelah atas bagian kanan.
  • Nama dan alamat tujuan surat
  • Isi surat pengunduran diri
  • Tanda tangan dan nama terang pembuat surat 

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Kerja

Contoh yang pertama ini merupakan contoh surat resign kerja yang sederhana. Informasi yang diberikan jelas, Singkat dan mudah dipahami. Meskipun begitu, surat ini tergolong dalam surat pengajuan resign yang baik. Dalam surat ini sudah mencakup kaidah kaidah pembuatan surat resign.

Contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan keluarga

SURAT PENGUNDURAN DIRI
Yang bertanda tangan di bawah ini : Nama                   : Arizal Saputra Tempat, tanggal lahir  : Purbalingga, 22 Mei 1987 Jabatan                : Staff Admin Personalia Secara resmi mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai Staff Admin Personalia terhitung sejak tanggal 6 Juni 2019. Pengunduran diri ini saya ajukan karena saya harus pindah rumah ke Semarang mengikuti orang tua. Demikian, harap menjadi maklum. Yogyakarta, 9 Mei 2019 Yang Menyatakan Arizal Saputra

Contoh surat pengunduran diri guru dari sekolah

Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri guru honorer SMP. Surat resign yang dibuat dengan alasan karena diterima mengajar di tempat lain.

Purworejo, 21 Mei 2019

Perihal : Permohonan pengunduran diri

Yth.
Kepala SMP Negeri 1 Purworejo
di tempat

Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya Harun Rasyid selaku guru honorer di SMP Negeri 1 Purworejo mengajukan permohonan mengundurkan diri dari sekolah dikarenakan saya akan mengajar di tempat yang baru.

Bersama surat ini saya sampaikan terima kasih kepada segenap guru dan staf SMP Negeri 1 Purworejo, dan permohonan maaf atas segala kesalahan selama saya mengajar di sekolah.

Sekian yang dapat saya sampaikan, apabila ada tutur kata yang kurang berkenan saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Hormat Saya,




Harun Rasyid

Contoh surat pengunduran diri organisasi

Berikut ini kami berikan contoh surat resign organisasi. Contoh surat ini adalah pengajuan mengundurkan diri dari jabatan sekertaris OSIS SMA.

Wonosobo, 16 Juni 2019

Kepada Yth,
Ketua Osis dan Pembina OSIS
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya :
Nama    : Rosa Putri Permata
Kelas   : XI IPA 3
Jabatan : Sekertaris OSIS

Dengan ini saya mengajukan permohonan mengundurkan diri dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 3 Wonosobo.

Alasan saya mengundurkan diri dari organisasi OSIS adalah karena banyaknya kesibukan sehingga tidak efektif mengikuti kegiatan dan melaksanakan tugas selama memegang tanggung jawab di organisasi OSIS sebagai Sekertaris.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pengurus dan Pembina OSIS SMA Negeri 3 Wonosobo. Saya juga memohon maaf atas segala kesalahan dan perilaku yang kurang berkenan selama saya ada di dalam organisasi OSIS.

Besar harapan saya bahwa anda mengabulkan permohonan saya untuk mengundurkan diri. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,



Rosa Putri Permata

Contoh surat pengunduran diri surat resign .doc

Nah, jika kamu membutuhkan contoh surat pengunduran diri dalam format Ms Word. Kamu bisa mengunduhnya melalui file yang telah kami simpan via google drive.

Kamu bisa download dengan klik link berikut ini:

Download surat resign doc

atau kamu bisa copy contoh surat resign berikut ini. Kemudian buka Ms. Word di Leptop/ Komputer kamu. Lalu kamu paste dan betulkan format penulisannya.

Kepada
Yth. Direktur Utama
PT. Nama Perusaan
di
Purwokerto


Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                  : Anggita Safitri
Alamat                : Jl Jend. Sudirman No 12, Purwokerto
Tempat, Tanggal Lahir : Tegal, 6 Mei 1988
Jabatan               : Front Office

Dengan ini bermaksud mengajukan pengunduran diri sebagai Front Office dari PT Nama Perusahaan, terhitung sejak tanggal 4 Juli 2019.

Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk bekerja secara profesional di perusahaan ini. Terima kasih atas bimbingan dan pengalaman yang telah diberikan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Saya memohon maaf jika tidak tidak dapat lagi bekerja dan menjadi bagian dari perusahaan ini.

Semoga perusahaan ini semakin maju dan berkembang.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran. Atas perhatian Bapak saya ucapkan terima kasih.


Jakarta, 20 Oktober 2018




(Anggita Safitri)

Kesimpulan

Surat pengunduran diri harus dibikin dengan bahasa yang baku, baik dan benar. Jangan menggunakan bahasa yang asal asalan. Ikuti format penulisan surat dengan kaidah kaidah yang berlaku.

Permohonan resign dengan surat pengunduran diri setidaknya telah diajukan sebulan sebelum tanggal keluar.

Keputusan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan mungkin saja akan memberikan dampak bagi karyawan lainnya. Terlebih jika kamu memiliki posisi jabatan yang tinggi. Dengan mengajukan surat pengunduran diri, maka pihak perusahaan akan bisa mencari pengganti kamu secepat mungkin. Selain itu, kamu juga akan dianggap sebagai pekerja yang bertanggung jawab terhadap kewajiban kamu.

sumber referensi:

3 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja (Surat Resign) yang Baik dan Benar. ilmubahasa.net. https://bit.ly/2Xc0ZU8

One thought to “Contoh Surat Pengunduran Diri, Surat Resign Kerja (.Doc)”

Leave a Reply